Genjot Pelanggan Data, XL Luncurkan XL Bebas

Era digitalisasi menjadi fenomena yang menjanjikan bagi operator seluler di Tanah Air. Tak terkecuali, XL. Melihat fakta bahwa Indonesia menempati peringkat ke-8 di dunia sebagai pengguna aktif internet, peringkat ke-5 pengguna Facebook, peringkat ke- 4 pengguna Twitter, dan 70 persen pengguna internet di Indonesia mengakses via mobile, awal tahun 2013 XL kembali meluncurkan produk barunya, Bebas.

Noah Band dipilih menjadi Brand Ambassador XL Bebas. Melalui produk Bebas, XL menargetkan 75 persen dari total pelanggannya (42,3 juta) adalah pengguna data, atau meningkat 15% dibandingkan tahun lalu sebanyak 60%.

Dikatakan Direktur Marketing PT XL Axiata Joy Wahjudi, sebelumnya XL sudah meluncurkan produk prabayar XLKU yang menyasar segmen pengguna tradisional, voice dan SMS. "Untuk Bebas, kami menyasar pasar emerging middle class yang juga pengguna data," urai Joy.

Tak tanggung-tanggung, sebagai gebrakan awal, Bebas dibandrol dengan harga super murah. Yaitu, hanya Rp 5000, pengguna prabayar sudah mendapat 150 MB per bulan, 1MB per hari, dan berlaku selama enam bulan.

Selain itu, XL Bebas pun menggandeng Noah Band sebagai brand ambassador-nya. Dipilihnya Noah sebagai brand ambassador, lantaran Noah merupakan band yang disukai anak-anak muda IndSwonesia. Apalagi, berdasarkan hasil riset Majalah Swa, Noah terpilih sebagai band paling inspiratif, sedangkan Ariel Noah terpilih sebagai penyanyi inspiratif.

Kegiatan roadshow konser Noah bersama XL Bebas pun akan digelar di lima kota. Selain itu, sejumlah aktivasi digital pun siap digelar. Bahkan, pesan berupa kalimat "5000 dan enam bulan" menjadi trending topic Twitter di worldwide, persis pada saat peluncuran XL Bebas pada 29 Januari lalu.

Aktivitas digital lainnya adalah diskusi makna bebas lewat tema "Ask the Young". Sementara itu, dalam waktu dekat, XL tengah menyiapkan kegiatan digital yang dikemas dalam augmented reality, sehingga seakan-akan publik bisa konser bareng Noah.

Selain itu, media konvensional seperti TVC hingga billborad, juga dimanfaatkan XL. Semua akan dilakukan secara serempak di seluruh contact point.

"Melalui berbagai upaya pemasaran yang terintegrasi itu, target kami, dalam dua bulan ini ada 10 juta kartu Bebas yang akan terjual. XL Bebas ini juga untuk meningkatkan pelanggan data XL. Saat ini, dari 42,3 juta pelanggan XL, 60 persennya adalah pengguna data. Dengan kehadiran XL Bebas, kami berharap jumlah persentasenya menjadi 75 persen," patok Joy.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)