Industri Asuransi Jiwa Tumbuh 30 Persen Per Tahun

Pertumbuhan industri asuransi jiwa beberapa tahun ke belakang menunjukan potensi yang positif dengan rata-rata pertumbuhan 20-30% dalam lima tahun terakhir (sumber: Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) per kuartal III 2012). Namun demikian, pertumbuhan ini belum diimbangi dengan jumlah SDM yang memiliki keahlian aktuaria yang memadai.

Program kerja sama antara Prudential Indonesia dengan Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (MM-FEUI) diharapkan dapat memperkuat tingkat kesadaran masyarakat perihal pentingnya berasuransi, dan meningkatkan minat akan ilmu aktuaria dan karir sebagai aktuaris dalam jangka panjang.

Saat ini aktuaris ahli dalam perancangan produk dan analisa risiko pada asuransi dan investasi di Indonesia berjumlah masih di bawah 200 orang, sedangkan kebutuhan industri diperkirakan lebih dari 600 aktuaris (sumber: Bapepam-LK). Kebutuhan tersebut akan terus tumbuh seiring dengan berkembangnya industri asuransi di Indonesia. Sebagai upaya menjawab kebutuhan tersebut, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dengan Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (MM-FEUI) meresmikan kerja sama dalam merealisasikan pembukaan program Pasca-Sarjana Magister Manajemen Aktuaria, kemarin (28/1) di Jakarta. Melalui kolaborasi ini, MM-FEUI akan membuka pendaftaran program studi Magister Manajamen Aktuaria mulai Februari 2013 mendatang. Menurut Presiden Direktur Prudential Indonesia William Kuan, program kolaborasi dengan UI ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Prudential terhadap perkembangan industri asuransi Indonesia, dan sekaligus sebagai upaya perusahaan dalam mendukung asosiasi dan regulator dalam memastikan ketersediaan tenaga ahli, serta memfasilitasi pengembangan ilmu aktuaria di Indonesia. “Sumber daya manusia yang mempunyai kualifikasi sebagai seorang aktuaris sangat dibutuhkan, karena potensi pasar asuransi yang masih sangat luas dan posisi aktuaris yang strategis dalam upaya industri memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Kami percaya apa yang kami lakukan di hari ini akan membuahkan nilai-nilai yang sangat positif bagi industri asuransi, khususnya asuransi jiwa,” tutur Kuan. Sebagai salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Prudential Indonesia dalam pilar edukasi, program kerja sama dengan UI ini tidak hanya mendukung dari segi pengembangan infrastruktur, namun juga dalam melakukan kontribusi atas pembuatan kurikulum terbaru bagi program studi. “Selain itu Prudential Indonesia juga mendukung kegiataan sosialisasi atas keprofesian Aktuaris dan program studi Magíster Aktuari MM-FEUI ini, serta kegiatan promosi lainnya. Selanutnya setiap tahunnya sampai dengan tahun 2015 Prudential Indonesia juga akan memberikan dua beasiswa kepada dua mahasiswa untuk dapat mengikuti program ini,” ujar Kuan menutup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)