Perusahaan manufaktur elektronik, PT Sharp Electronics Indonesia tetap optimis akan mendapatkan performa positif pada kuartal III 2021. Optimisme itu disampaikan langsung oleh National Sales Sr. General Manager PT Sharp Electronics Indonesia Andry Adi Utomo.
“Kami percaya dapat melalui masa-masa sulit ini dan mempertahankan laju positif perusahaan sejak awal kuartal I 2021 kemarin. Dari hasil tersebut kami juga mencanangkan pertumbuhan penjualan, terutama pada produk mesin cuci sebesar 5-10% di tahun 2021,” target Andry.
Optimisme itu dilandasi pada berbagai pencapaian yang diraih oleh Sharp Indonesia di tahun ini. Paling anyar, Sharp Indonesia baru saja berhasil memproduksi 10 juta unit mesin cuci di Indonesia pada awal Juli ini (1/7).
Selain itu, Sharp juga berhasil memperoleh sejumlah penghargaan, seperti Top Brand Awards, Indonesia Best Brand Awards, hingga Indonesia Customer Satisfaction Awards 2021 sebagai produk yang memiliki posisi teratas dalam benak konsumen akan kualitas sebuah produk mesin cuci.
Dituturkan Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia Shinji Teraoka, “Kami ingin mengucapkan rasa syukur, di tengah tekanan pandemi ini, kami tetap dapat mempertahankan konsistensi produksi. Selain kerja keras dan efisiensi yang dilakukan oleh internal kami, capaian ini juga tidak terlepas dari loyalitas konsumen Sharp yang terus mendukung kinerja perusahaan. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih atas kesetiaannya menggunakan produk Sharp.”
Perjalanan panjang Sharp dalam mengawali produksi mesin cuci-nya di Indonesia dimulai pada tahun 2008 di Pulogadung, Jakarta Timur, dengan luas pabrik 4.537 m². Sharp fokus memproduksi mesin cuci dua tabung untuk memenuhi pasar Indonesia. kemudian pada tahun 2013, Sharp memindahkan lokasi pabrik mesin cucinya ke Kawasan Industri Karawang Internasional Industrial City ( KIIC ), Karawang Barat. Menempati area yang lebih luas yaitu 11.400 m2, pabrik mesin cuci terbaru ini dilengkapi dengan mesin-mesin berteknologi terkini. Seiring dengan peningkatan permintaan yang cukup tinggi, pada Juli 2019, Sharp melakukan ekpansi dengan menambah lini terbaru memproduksi mesin cuci satu tabung atau full auto guna memenuhi kebutuhan pasar Indonesia dan meningkatkan kapasitas ekspor.
Kesetiaan konsumen tidak terlepas dari berbagai inovasi yang ditawarkan dengan menambahkan fitur lokal pada sederet rangkaian produk mesin cucinya. Antara lain, Dolphin Waves Series dan Hijab Series untuk jenis dua tabung, yang dapat membantu mencuci hijab dan aksesorinya agar tidak mudah rusak. Begitu pula dengan lini Full Auto / 1 tabung seperti Megamouth 2.0 yang memiliki fitur anti-bacterial coating, sehingga dapat menekan pertumbuhan bakteri. Pada sisi penggunaan daya mesin cuci ini juga dilengkapi teknologi J-Tech Inverter sehingga dapat menghemat daya dan juga mengurangi kebisingan.
Hasilnya, Sharp Indonesia berhasil menguasai pasar, dengan memuncaki riset konsumen Top Brand Index 2021 dengan angka 22,5%. “Dan, capaian 10 Juta produksi mesin cuci menjadi acuan kami untuk tersu bekerja lebih keras lagi agara dapat terus memberikan layanan terbaik bagi konsumen dan berhasil untuk memproduksi produk mesin cuci hingga 100 juta unit di masa depan,” pungkas Andry.