BCA Digital Gandeng Blibli Sebagai Partner Eksklusif Aplikasi “blu”

BCA Digital resmi memulai debutnya sebagai anak perusahaan BCA, dengan meluncurkan platform perbankan digital ‘blu’, pada awal Juli ini (2/7). BCA Digital hadir sebagai bank tanpa cabang, dengan misi untuk menyediakan platform perbankan all-in-one yang dapat menjawab berbagai kebutuhan segmen nasabah modern.

“Kepuasan nasabah merupakan fokus utama kami dalam mengembangkan pelayanan, fitur, dan produk yang kami sajikan. Kami percaya bahwa inovasi perbankan digital tidak berhenti pada kebutuhan finansial saja. Seiring dengan semakin eratnya fungsi bank digital dalam kehidupan sehari-hari, kami ingin punya andil untuk menghadirkan kemudahan dunia digital yang sesungguhnya. Oleh karena itu, di BCA Digital, kami berkomitmen mengembangkan platform yang dapat memenuhi kebutuhan finansial dan non-finansial nasabah, lewat ekosistem digital yang saling terkoneksi,” ungkap Lanny Budiati, Direktur Utama BCA Digital.

Lebih jauh ia menerangkan, blu menyediakan berbagai fitur inovatif, seperti pembukaan rekening secara online dan alokasi menabung ke 10 sub-rekening bluSaving yang berbeda, agar nasabah dapat memisahkan pendapatan sesuai dengan pos-pos kebutuhannya.

“Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur bluGether, yakni tabungan yang berfungsi seperti rekening bendahara, serta bluDeposit yang memudahkan nasabah membuka deposito yang bisa di top up,” lanjutnya.

Sejak diluncurkan, fitur seperti bluSaving dan bluGether telah mendapatkan respon hangat dari nasabah BCA Digital. Dari data yang ada saat ini, setidaknya 26,2% dari total top 5 bluSaving  digunakan untuk alokasi budget belanja, disusul dengan 20,9% nasabah menabung untuk berlibur, 18,5% untuk persiapan dana pensiun, 17,2% untuk pembelian rumah, dan 17% untuk pembelian kado.

Adapun penggunaan fitur patungan bluGether terpopuler adalah untuk patungan liburan bersama (35,4%), pembelian kado (19,9%), tabungan pernikahan dan donasi (15,2%), serta pembelian rumah (14,1%).

Untuk memperluas skala ekosistem digital mumpuni dan berkelanjutan, BCA Digital berkolaborasi dengan partner non-perbankan, Blibli. Perusahaan e-commerce Blibli akan menjadi partner eksklusif blu yang pertama dalam merealisasikan platform berbasis ekosistem digital ini. Kemitraan pertama di Indonesia antara perbankan dan e-commerce ini merupakan strategi memperkuat komitmen keduanya untuk menghadirkan nilai tambah kepada pelanggan.

Melalui integrasi antara blu dan Blibli, pelanggan dapat merasakan berbagai manfaat di platform Blibli, mulai dari membuka akun rekening bank digital secara mudah, hingga melakukan transaksi pembayaran e-commerce. Pelanggan Blibli juga bisa melakukan transaksi secara praktis di aplikasi dengan menggunakan akun digital blu melalui fitur in-app payment ataupun QRIS yang dapat digunakan di luar ekosistem Blibli.

“Blibli semakin serius mengembangkan ekosistem e-commerce dengan menggandeng mitra yang tepat dari berbagai industri, termasuk perbankan. Kemitraan ini merupakan strategi Blibli untuk memperkuat solusi bagi para pelanggan, yang selaras dengan semangat #KarenaKamuNo1,” papar  Kusumo Martanto, CEO & Co-founder Blibli.

Lebih jauh ia menegaskan, melalui kemitraan ini, pelanggan Blibli dapat mengakses layanan perbankan digital blu kapan saja, termasuk keuntungan berbelanja di Blibli, antara lain free ongkir, produk asli dan berkualitas, jaminan retur, dan Customer Care 24/7.

“Kolaborasi strategis ini juga memungkinkan pelanggan memanfaatkan bluGether, fitur patungan untuk membeli produk yang ada di Blibli, bersama dengan teman atau kerabat. Bahkan, selama periode peluncuran, Blibli memberikan promosi khusus bagi nasabah blu di Blibli berupa cashback 100% ke Blipay sampai dengan Rp 100.000 untuk periode 22-24 Juli 2021 dan 28-31 Juli 2021 bagi pelanggan yang membuka akun baru sebesar Rp 500.000 dan diskon 50% untuk transaksi di Blibli selama perayaan 10 tahun anniversary 25-27 Juli 2021,” urainya.

Selain itu, di 2021 ini, blu juga menginisiasi kampanye #blubuatbaik. Pada kampanye ini, blu dan BCA Digital turun tangan dalam menjaga lingkungan dari ancaman sampah, khususnya sampah plastik, yang merusak ekosistem alam di indonesia.

Menggandeng Kitabisa dan Greeneration Foundation melalui program Ecoranger di Kabupaten Banyuwangi, #blubuatbaik berkomitmen mendukung pemerintah Indonesia mencapai target pengurangan sampah 30% di sumber dan penanganan 70% sampah di hilir pada tahun 2025.

“Dalam konteks perubahan iklim, pengurangan residu yang ditransfer ke TPA akan mengurangi potensi pemanasan global yang disebabkan oleh emisi karbon dioksida ke atmosfer. Oleh karena itu, melalui kerja sama ini, BCA Digital dan blu memiliki target untuk mengurangi emisi karbon hingga 303.000 metrik kilogram karbon dioksida, atau setara dengan pengurangan emisi dari pembakaran BBM sebanyak 30.000 galon,” pungkas Lanny.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)