Belanja Iklan Q1 2019 Capai Rp 27,94 Triliun, Siapa Top 10 Spender-nya?

Memasuki tahun politik, belanja iklan nasional masih mencatatkan pertumbuhan ganda. Pada kuartal pertama (Q1) 2019, belanja iklan nasional mencapai Rp 27,94 triliun. Itu artinya, tumbuh 10,22% secara year on year (yoy) jika dibandingkan dengan Q1 2018 yang mencapai Rp 25,35 triliun. Demikian laporan yang telah dirilis Adstensity.

Yang menarik, belanja iklan dari lembaga dan organisasi politik, termasuk penyelenggara pemilu, berhasil masuk 10 besar sebagai pembelanja iklan televisi, dengan nilai Rp 840 miliar. Partai Perindo merupakan brand yang paling banyak mengeluarkan dana belanja iklan, yakni mencapai Rp 549,38 miliar atau sekitar 65,45% dari total belanja iklan dari sektor politik.

Sementara itu, berdasarkan industri, maka industri personal care (perawatan pribadi) masih mendominasi belanja iklan dengan total belanja Rp 5,42 triliun. Disusul pada posisi kedua, industri makanan olahan (refined food), dengan total belanja iklan Rp 3,69 triliun. Di posisi ketiga, ada industri farmasi dengan total belanja iklan Rp 2,47 triliun. Selanjutnya, industri dairy (bahan makanan dari hasil olahan susu) berada pada posisi keempat, dengan total belanja iklan Rp 1,64 triliun. Industri platform berbasis online berada di tempat ke-5 dengan total belanja Rp 1,49 triliun. Sementara itu, posisi ke-6 hingga ke-10 adalah industri minuman, rokok, household (peralatan rumah tangga), kopi, dan politik.

Dari sisi brand (merek), Partai Perindo merupakan brand yang paling banyak mengeluarkan dana belanja iklan senilai Rp 549,38 miliar. Sedangkan di tempat kedua, ada brand Mie Sedaap yang mengeluarkan dana belanja iklan sebesar Rp 362,31 miliar. Selanjutnya, posisi ketiga diduduki oleh Pantene dengan belanja iklan sebesar Rp 270,80 miliar. Di posisi keempat, ada Wardah dengan total belanja iklan sebesar Rp 252,57 miliar. Clear berada di tempat ke-5 dengan mengeluarkan dana untuk beriklan sebesar Rp 241,18 milliar.

Berikutnya, ada Shopee pada posisi ke-6 dengan belanja iklan sebesar Rp 218,09 miliar. Pada posisi ke-7 ditempati oleh Torabika Cappucino yang mengeluarkan belanja iklan sebesar Rp 207,03 miliar. Kemudian, di posisi ke-8, ada Counterpain dengan total belanja iklan Rp 203,32 miliar. Sedangkan, posisi ke-9 dan ke-10 diduduki oleh Sarimi Isi 2 Rasa Mie Dok-dok Deeerr dan brand Kapal Api Signature dengan masing-masing mengeluarkan total belanja iklan sebesar Rp 200,34 miliar dan Rp 190,61 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)