MIX.co.id - Salah satu sektor yang sangat terpukul oleh pandemi Covid-19 adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Oleh karena itu, untuk dapat memperluas dan meningkatkan daya saing, UKM memerlukan solusi sistem yang dapat mengintegrasikan proses bisnis. 

Saat ini, tidak banyak sistem ERP SDM yang dapat menangani kebutuhan bisnis yang sedang berkembang. Beberapa masalah kritis yang dihadapi UKM untuk dapat menerapkan sistem ERP, antara lain keterbatasan dana dan kemampuan organisasi untuk teknologi informasi. 

Berangkat dari fakta itu, HR Path meluncurkan NUBO, solusi SDM (Sumber Daya Manusia) berbasis metodologi baru untuk UKM. Dengan NUBO, UKM dapat mengembangkan bisnisnya, dengan mengelola seluruh rangkaian proses, di antaranya rekrutmen karyawan yang dapat dilakukan lebih cepat, lebih hemat biaya, dan lebih efisien. 

Selain itu, dikemas dengan pendekatan praktik terbaik SDM, pengoptimalan untuk karyawan dan layanan mandiri manajer, NUBO menghilangkan entri manual dan proses administrasi yang tidak efisien. 

“Dalam kacamata optimis, pandemi memberikan waktu bagi UKM berhenti sejenak untuk belajar, memastikan setiap orang di-develop dengan benar, dan setiap orang memiliki kompetensi yang baik. Dengan demikian, ketika situasi membaik, perusahaan menjadi yang paling siap di pasar. NUBO dari HR Path membantu mempersiapkan human capital UKM dengan baik, membuat UKM naik kelas menjadi perusahaan enterprise. Human Capital Management (HCM) penting sebab bisnis tumbuh karena orang, bukan karena mesin,” papar Andi Wibisono, Regional Manager & Director HR Path Indonesia.

Sebagai solusi yang telah terbukti kehandalannya, lanjutnya, NUBO mencakup pra-konfigurasi, standarisasi, dan HRIS siap pakai. NUBO membantu departemen SDM mengenali potensi strategis yang mereka miliki untuk secara positif meningkatkan nilai dan hasil usaha. 

“NUBO adalah finalis Penghargaan SAP Global Pinnacle Award dalam kategori Packaged Solution pada tahun 2019 dan 2020. Implementasi NUBO pertama kali berhasil dilakukan oleh HR Path di Indonesia dengan AEON Credit Service Indonesia,” ungkapnya.

Lebih jauh ia menegaskan, beberapa faktor yang membuat NUBO lebih unggul di antaranya adalah pengguna memiliki kemampuan untuk menggunakan sistem ERP SDM berkelas, yakni SuccessFactors. SAP SuccessFactors adalah penyedia cloud human experience management (HXM) terkemuka di dunia. HXM adalah istilah baru untuk HCM yang lebih berfokus pada orang. 

“HXM dari SAP memungkinkan UKM memberikan pengalaman kepada karyawan mereka untuk mengenali nilai individual mereka dan secara konsisten memotivasi mereka untuk mencapai kinerja terbaik,” imbuhnya.

Pendekatan metodologis HR Path terbukti terukur dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. NUBO memungkinkan UKM dengan cepat menggunakan modul SAP SuccessFactors berstandar industri yang telah dikonfigurasi sebelumnya.

“Solusi dari HR Path sudah dikenal dan banyak digunakan oleh perusahaan enterprise. Dengan NUBO, HR Path ingin menyampaikan bahwa solusi ini tidak hanya milik perusahaan enterprise dengan blueprint besar seperti risk mitigation, dan sebagainya. UKM juga sudah layak menerapkannya dan biayanya tidak mahal,” tutup Andi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)