BNI Boyong 50 Mitra Binaan UMKM di Festival Pasar Senggol Turki

Tahun ini, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. turut berpartisipasi pada Festival Pasar Senggol Turki. Partisipasi tersebut merupakan wujud komitmen BNI dalam mendorong lebih banyak produk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) menembus pasar global, khususnya di Turki. Di festival ekonomi dan budaya Indonesia di Turki itu, BNI memboyong 50 jenis produk mitra UMKM binaannya.

Diungkapkan Corporate Secretary BNI Mucharom, Turki adalah negara mitra dagang Indonesia yang nilai perdagangannya meningkat secara linear setiap tahunnya. Mengutip data Kementerian Perdagangan Republik Indonesiaa, total perdagangan 2021 Indonesia-Turki tercatat US$ 2,01 miliar, dengan Indonesia sebagai net eksportir surplus US$ 1,2 miliar. Pertumbuhan ekonomi Turki pada 2021, juga masih mampu berada di 11%.

"Kami menyambut baik gelaran festival yang diinisiasi oleh kelompok mahasiswa dan diaspora Indonesia di Turki ini. Kementerian BUMN bersama BNI berharap tak sekadar mengoptimalkan potensi pasar, tetapi ikut berkontribusi meningkatkan kerja sama ekonomi yang telah terjalin sangat baik sejauh ini," papar Mucharom.

Lebih jauh ia menegaskan, sebagai bank yang mendapat mandat untuk go global, pada Festival  Pasar Senggol Turki, BNI mengirimkan  50 jenis produk UMKM terbaik mitra binaan. Produk tersebut dapat menarik perhatian pelaku bisnis sekaligus konsumen Indonesia dan Turki, sehingga dapat dibuatkan kerja sama lebih lanjut.

"Dengan bantuan dari KJRI (Konsulat Jenderal Republik Indonesia), kami juga mendapat program link and match sehingga dapat lebih fokus dalam mempersiapkan barang-barang yang masuk ke pasar Turki," lanjutnya.

Sementara itu, brand UMKM binaan yang BNI bawa antara lain Bali Wirama dengan kategori Home and Garden Decor, yang selama ini produknya 100% diekspor ke pasar Eropa; Faber Instrumen Indonesia dalam bidang usaha Instrumen Musik; dan Homedecor yang produknya mulai dilirik oleh konsumen luar Negeri, karena keunikannya yang menampilkan ciri khas kayu Indonesia.

Selain itu,  untuk mengobati kecintaan para diaspora di Turki, pada kesempatan yang sama, Rumah BUMN BNI turut berpartisipasi membawa produk kuliner dari Rumah BUMN Sleman, yaitu Telaga Rasa. Telaga Rasa merupakan UMKM yang memproduksi minuman herbal Indonesia dalam bentuk Instan yang sudah berhasil menembus gerai-gerai retail di Indonesia. Produk Telaga Rasa juga sudah mendapat izin BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

“Rumah BUMN BNI membawa produk olahan snack dari Rumah BUMN Tegal, yaitu NM Food, yang merupakan produk snack unggulan Rumah BUMN BNI,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)