Untuk kelima kalinya Borneo Extravaganza 2012 diselenggarakan di Jakarta pada 19-21 Oktober 2012 lalu, dengan mengangkat tema “Unique Borneo”. Tema tersebut mewakili konsep penyelenggaraaan yang menampilkan keunikan pariwisata Kalimantan dalam bentuk pameran destinasi wisata, atraksi tarian dan budaya, fashion show busana asal Kalimantan, juga penjualan berbagai kerajinan dari pulau tersebut.

event dua tahunan ini memberi wadah bagi Pemda se-Kalimantan Borneo Extravaganza 2012 merupakan ajang promosi pariwisata sekaligus sebagai sarana menyebarluaskan informasi tentang obyek dan daya tarik wisata Kalimantan.

Ajang promosi pariwisata Kalimantan ini terselenggara oleh kerja sama antara Direktorat Promosi Pariwisata Dalam Negeri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama empat Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Kalimantan.

Menurut Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri M. Faried, dalam mempromosikan daerah tujuan wisata, kita harus memenuhi konsep 3A yaitu Atraksi Wisata, Akses, dan Akomodasi. “Itu sebabnya disamping mengangkat keunikan alam dan budaya Kalimantan, dalam Borneo Extravaganza 2012 ini kami pun menggandeng pihak biro perjalanan wisata (BPW) untuk menawarkan berbagai paket perjalanan wisata ke Kalimantan,” katanya dalam siaran pers yang di terima MIX, hari ini.

Penyelenggaraaan Borneo Extravaganza 2012 memang bertujuan untuk meningkatkan citra Kalimantan. Faried juga mengakui, event dua tahunan ini memberi wadah bagi Pemda se-Kalimantan untuk melakukan promosi pariwisata secara terpadu sekaligus menyebarluaskan informasi tentang obyek dan daya tarik wisata Kalimantan.

Sebelumnya, Borneo Extravaganza pernah dilakukan di Jakarta pada tahun 2004 dan 2006, dan di Bali pada tahun 2008 dan 2010. “Maka dalam penyelenggaraaan Borneo Extravaganza 2012 kali ini, selain menyuguhkan empat booth utama yang akan diisi oleh produk unggulan dari empat provinsi di Kalimantan, juga terdapat 28 booth yang berasal dari peserta kabupaten – kabupaten di Kalimantan, BPW, dan media partner,” tandas Faried.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)