Bukalapak Rangkul 13,1 Juta UMKM dan 6,8 Juta Pelapak Online

MIX.co.id –  PT Bukalapak.com, Tbk PT Bukalapak.com, Tbk. (BUKA) telah mendukung lebih dari 13.1 juta UMKM dan 6.8 juta pelapak online hingga periode Q1-2022.

Perseroan juga telah memperluas jangkauan kepada Mitra, pelapak online, dan pelanggan dengan menyediakan solusi melalui pengembangan platform untuk memenuhi kebutuhan marketplace, online-to-offline (o2o), solusi pelapak, serta platform keuangan.

Hal itu terungkap dalam acara public expose tahunan yang digelar secara virtual pada Rabu (29/6), yang dihadiri para pemegang saham dan awak media.

 “Fokus kami saat ini adalah membawa bisnis Bukalapak ke arah profitability. Untuk itu, kami terus berupaya menumbuhkan pendapatan, salah satunya dengan melengkapi infrastruktur-infrastruktur yang dibutuhkan oleh core business kami,” ujar Teddy Oetomo, Direktur PT Bukalapak.com, Tbk.

Oleh karena itu, pihaknya melakukan partnership dengan pihak yang expert. “Ke depannya, perihal investasi secara umum, kas perusahaan yang kami sadari cukup besar harus dipergunakan secara efisien dan bijak sehingga dapat terus menunjang kebutuhan bisnis utama kami dan membawa EBITDA yang disesuaikan ke arah yang positif,” paparnya lagi.

“Pendapatan tahun ini diestimasikan akan tumbuh antara 44 – 61%, yaitu Rp 2,7 –  Rp 3 triliun,” ungkap Teddy.

Terkait perkembangan terkini atas bisnis Perseroan dan entitas anak, Bukalapak membagikan informasi seputar kolaborasinya dengan Allo Bank untuk menyediakan layanan perbankan digital yang aman dan terpercaya sesuai dengan kebutuhan Mitra, pelapak online dan pelanggan.

Di segmen grocery, Bukalapak memperkuat penawarannya untuk Mitra dan pelanggan melalui AlloFresh. Kerjasama ini memperkuat kehadiran Bukalapak secara offline untuk memperluas touch points sekaligus menawarkan variasi produk yang lebih beragam.

Kinerja perseroan di kuartal pertama tahun 2022, Bukalapak mengalami pertumbuhan Total Processing Value (TPV) sebesar 25% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Pendapatan Bukalapak di kuartal pertama tahun ini juga mengalami kenaikan sebesar 86% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Melalui Mitra Bukalapak, perseroan terus memberdayakan dan mendorong digitalisasi warung di seluruh Indonesia. Mitra Bukalapak merupakan penggerak utama pertumbuhan perseroan, di mana TPV Mitra pada kuartal pertama 2022 tumbuh sebesar 78%. Sementara itu, pendapatan Mitra pada kuartal pertama tahun 2022 meningkat sebesar 227%. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)