Cara ShopeePay Mendorong Bisnis Lokal Bertumbuh

Program ShopeePay Talk telah memasuki episode kelima pada pertengahan Februari ini (17/2). Kali ini, program ini mengusung  tema ‘Pikat Hati Masyarakat dengan Produk Lokal’. Dengan tema tersebut, ShopeePay mengajak audiens untuk menggali lebih dalam bagaimana produk lokal, khususnya produk kecantikan, mampu menggaet hati masyarakat dan pasar Indonesia hingga bersaing dengan produk skala internasional.

Di program itu, ShopeePay sebagai penyedia layanan pembayaran digital, menghadirkan sejumlah para pembicara inspiratif, yang berpengalaman bertahun-tahun dalam dunia branding dan marketing serta industri kecantikan. Di antaranya, Co-Founder Secondate Beauty Gitta Amelia, CEO Garis Temu Giorrando Grissandy, dan Beauty & Lifestyle Influencer Putri Caya.

Diungkapkan Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay, “Kosmetik atau produk kecantikan merupakan salah satu industri yang tumbuh dengan sangat pesat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Meski terus digempur dengan berbagai brand dan produk internasional, tapi berbagai produk lokal ternyata mampu menunjukkan perkembangan yang menjanjikan melalui kualitas dan harga yang bersaing serta strategi marketing dan branding yang baik.”

Untuk itu, melalui informasi yang dibagikan pada program kali ini serta dukungan dari layanan, program, dan kampanye yang dihadirkan, ia berharap ShopeePay dapat mendorong lebih banyak bisnis lokal untuk tumbuh lebih besar.

Sementara itu, merujuk survei Katadata Insight Center (KIC) pada penghujung tahun 2020, terungkap  bahwa 82,3% responden memilih menggunakan produk lokal, karena dimotivasi oleh kebanggaan terhadap produk dalam negeri dan 60,7% karena harga yang terjangkau.

“Ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat akan brand dan produk lokal sudah semakin besar, sehingga diperlukan strategi yang tepat dari sisi inovasi, kemudahan akses pembelian, serta marketing dan branding untuk mendorong pertumbuhan yang lebih besar,” lanjutnya.

Gitta Amelia, Co-Founder Secondate Beauty, menegaskan, “Sejak awal, kami melihat peluang pertumbuhan produk kecantikan lokal di Indonesia cukup besar. Masyarakat mulai beralih membeli produk dari brand lokal yang memang memiliki kualitas yang baik, namun tetap memperhatikan harga yang terjangkau bagi konsumen di Indonesia. Untuk itu, dalam setiap inovasi produk kami, Secondate Beauty berusaha untuk memperhatikan seluruh aspek penting yang menjadikan produk Secondate

Beauty bukan hanya sebagai produk kecantikan, namun juga sebagai identitas dari penggunanya.”

Hal senada diungkapkan Giorrando Grissandy, CEO Garis Temu. Ia menyampaikan, “Kesadaran dan tren untuk menggunakan produk lokal secara bertahap sudah terbentuk seiring dengan kreativitas yang dilakukan brand lokal dalam memperkenalkan dan mendekatkan brand- nya dengan masyarakat. Apalagi di era sosial media seperti sekarang ini, sudah menjadi keharusan untuk ‘memanusiakan’ brand yang dimiliki. Cara ini juga menjadi bagian penting untuk menciptakan competitive advantage yang membedakan brand lokal dengan kompetitornya. Kunci untuk dapat menarik perhatian masyarakat adalah dengan menciptakan konten atau informasi menarik yang relatable  dan shareable.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)