Cartenz Group dan Bank DKI Bersinergi Hadirkan TOSKA

Cartenz Group, pemimpin penyediaan solusi e-government di Indonesia, resmi bersinergi dengan Bank DKI. Sinergi keduanya ditandai dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS)  yang dilakukan pada hari ini (14/2), di Jakarta.

Dikatakan Gito Wahyudi, CEO Cartenz Group, kolaborasi ini untuk mendorong transparansi Pemerintah Daerah melalui inovasi Teknologi Informasi (TI), yaitu Electronic Fiscal Devices (Alat Fiskal Elektonik) untuk proyek TOSKA (Tax Online System for Jakarta) di sektor pajak. 

Pajak memiliki peranan vital bagi sebuah negara. Untuk itu, diperlukan pengawasan ketat dalam proses pelaksanaannya untuk meminimalisir penggelapan pajak. Selain itu, dibutuhkan modernisasi sistem perpajakan agar pemerintah dapat memantau dan pada saat bersamaan mendapatkan hasil yang ingin dicapai," ungkapnya.

Lebih jauh ia menegaskan, Cartenz Group siap mengambil peran untuk membawa Indonesia menjadi negara yang memiliki tata kelola pemerintahan yang transparan dan efisien bagi banyak aspek kehidupan melalui berbagai solusi E-government. 

"Untuk mencapai hal tersebut tentunya harus melalui sinergi dari berbagai pihak. Kami percaya bahwa pemanfaatan teknologi secara strategis memiliki peranan sangat penting. Kami berharap sinergi hari ini dapat semakin mempermudah proses pelaporan pajak serta meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pajak," teran Gito.

Sejatinya, inisiatif ini sesuai dengan arahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam program Korsupgah (Koordinasi dan Supervisi Pencegahan) sebagai salah satu bentuk pencegahan dan inovasi dalam optimalisasi pendapatan asli daerah.

Kemitraan tersebut, menurutnya,  sejalan dengan misi Cartenz Group untuk meningkatkan transparansi dan efisiensi sistem pengelolaan di pemerintahan dengan visi #AdvancingIndonesia, khususnya instansi pemerintah daerah melalui solusi teknologi yang inovatif. 

Saat ini, Cartenz group menghadirkan produk dan solusi yang holistik untuk mendukung semua tingkat lembaga pemerintah dalam memanfaatkan sistem informasi terintegrasi dan manajemen e-government transparan dan efisien. "Sampai saat ini, Cartenz Group telah bekerja sama dengan lebih dari 90 pemerintah daerah di seluruh Indonesia. Kami juga mengerjakan 350 proyek pemerintah daerah," ucapnya.

Projek TOSKA ini diharapkan dapat mengoptimalisasi pendapatan daerah melalui pajak perhotelan, pajak restoran, dan pajak hiburan khususnya di daerah DKI Jakarta, termasuk dapat meningkatkan efiesiensi Wajib Pajak (WP) dalam pelaporan pajaknya.  

"Sistem ini telah terintegrasi dan dapat dimonitor secara online melalui dashboard yang terpasang di Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta (BAPPENDA) dimana seluruh transaksi di wajib pajak akan terpantau secara akurat," ucapnya.

Ditambahkan Babay Parid Wazdi, Direktur Kredit UMK & Usaha Syariah Bank DKI,  kolaborasi hari ini akan menjadi sebuah titik baru bagi sistem perpajakan online, khususnya di wilayah DKI Jakarta. Dalam rangka mendukung Pemprov DKI Jakarta dalam meningkatkan layanan penerimaan Pajak Daerah, kami telah siap untuk mengimplementasikan TOSKA yang akan memudahkan para pebisnis membayarkan pajak secara online, sekaligus mendukung tujuan pemerintah menuju transparansi dan efektivitas pengawasan kepatuhan wajib pajak.

Sistem pelaporan pajak secara online ini, ditururkan  Sri Haryati, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bapenda DKI Jakarta, sangat membantu dalam melakuan pemantauan terhadap wajib pajak. "Sistem ini dapat dikatakan akurat dan laporannya akan muncul satu jam sekali dan langsung dapat diinput ke dalam sistem pelaporan di kantor BAPPENDA DKI Jakarta. Hingga saat ini,  implementasi telah dilaksanakan di 5 wilayah administrasi DKI Jakarta dan ditargetkan akan mencapai 12.000 sampai akhir tahun ini," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)