Danone-Aqua mengelaborasikan sertifikat B Corp yang diraihnya tahun lalu melalui berbagai aksi nyata di bidang sosial, ekonomi, dan lingkungan untuk mendukung pencapaian pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia.
Di samping menjalankan corporate social initiative secara konsisten melalui program pemberian akses air bersih kepada lebih dari 165 ribu penerima manfaat, Danone-Aqua juga mendorong terbentuknya ekonomi inklusif dengan memberdayakan perempuan melalui mikro distribusi Aqua Home Service (AHS).
“Saat ini ada 7.300 lebih ibu rumah tangga menjadi mitra AHS yang juga merupakan penyumbang pendapatan keluarga,” papar Karyanto Wibowo, Sustainable Development Director Danone Indonesia, kepada media pada acara bertajuk “Kopi Sore bersama Danone-Aqua” yang digelar di Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (31/7).
Di bidang lingkungan, perusahan berkomitmen untuk mengumpulkan lebih banyak plastik dari yang diproduksi tahun 2025 dan inovasi produk dengan menggunakan hasil plastik daur ulang. Sementara di internal, perusahaan berupaya membangun bisnis yang inklusif dengan meluncrukan program kepemilikan saham karyawan one share one voice.
Kebaikan yang didorong oleh B Corp membuat Danone-Aqua mendukung tumbuhnya gerakan B Corp di Indonesia. “Kami bersedia berbagi pengalaman dan mendampingi perusahaan menjalankan proses B Corp assessment,” katanya.
Sertifikat B Corp diberikan kepada perusahaan yang dalam menjalankan bisnisnya – dari rantai pasok, sistem operasional hingga produk – berdampak positif dan nilai tambah bagi masyarakat dan lingkungan.
Great Giant Food (GGF), perusahaan di industri makanan dan minuman olahan, adalah salah satu yang tertarik menjadi B Corp. Menurut Arif Fatullah, Senior Manager Sustainable GGF, selama ini perusahaan telah menjalankan praktek produksi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.
“Kami berupaya memberikan manfaat dengan membangun kemitraan strategis bersama masyarakat untuk menjadi pemasok,” ungkap Arif.
GGF eksportir nanas kaleng terbesar dengan pangsa pasar di AS, Eropa, Timur Tengah, dan Asia. Sertifikat B Corp, diakuinya, memberikan nilai lebih bagi perusahaan di mata konsumen. ()