Developer Doku Ikuti Apple Developer Academy

Tim developer yang kompeten dan mampu beradaptasi sesuai dengan tuntutan jaman, menjadi salah satu kunci bagi perusahaan fintech. Hal itu disadari oleh Doku, perusahaan fintech dengan beberapa lini produk berbasis aplikasi. Untuk itu, Doku memutuskan untuk mengikutsertakan para developernya pada program Apple Developer Academy—di mana Indonesia merupakan negara ketiga di dunia setelah Brasil dan Italia, dan negara pertama di Asia tempat Apple mendirikan akademinya.

Kolaborasi antara Apple dan Universitas Bina Nusantara yang tertuang dalam program Apple Developer Academy merupakan salah satu inisiatif yang berpotensi melahirkan bakat-bakat baru berkompeten dalam mengembangkan aplikasi berbasis iOS. Program pelatihan yang berdurasi sembilan bulan itu (25 Juni 2018 sampai 13 Maret 2019) baru saja meluluskan 200 orang wisudawan angkatan pertamanya sekitar pertengahan Maret 2019, dari total 2000 orang pelamar yang masuk mendaftar. Lima di antaranya adalah developer Doku.

Selama pelatihan berlangsung, para mentor dan peserta menjadikan Challenge Based Learning (CBL) sebagai acuan program. Di Apple Developer Academy para peserta dibekali dengan materi lengkap tentang bagaimana cara merancang aplikasi berbasis iOS yang baik, mulai dari riset pasar, coding, memetakan user journey, melakukan perhitungan bisnis sampai dengan mengkomunikasikan manfaat dari aplikasi yang dibangun ke publik, termasuk dampak sosial yang dihasilkan oleh aplikasi tersebut.

Kami menyadari dibutuhkan strategi lain untuk memenuhi kebutuhan perusahaan akan developer berkompeten dan mengerti platform iOS. Oleh karena itu, selain merekrut bakat baru, kami juga melakukan pembekalan untuk developer-developer internal berpotensi dengan mengirim mereka ke Apple Developer Academy,” ujar Arthur Purnama, VP of Product Process Management DOKU, yang mengawal sepuluh orang developer Doku mulai dari proses seleksi sampai masuk tahap akhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)