Pergeseran tren berbelanja masyarakat Indonesia yang mengarah ke toko-toko modern mendorong XL untuk menggandeng Indomaret sebagai salah satu channel penjualannya, dengan program "Beli Pulsa Harga Pas Sesuai Nilainya". Apalagi, kini gerai-gerai Indomaret sudah merangsek hingga pelosok Indonesia, dengan jumlah gerai tak kurang dari 11.400 gerai.
Diungkapkan Chief Commercial Officer XL Danny Chew Kar Wei, kerja sama dengan Indomaret yang sudah dimulai pada 1 September 2015 lalu telah memperoleh respon yang signifikan dari konsumen. Baru dua minggu berjalan, telah terjadi kenaikan 42% penjualan pulsa XL di gerai Indomaret. "Melalui program kerja sama ini, kami ingin menawarkan konsumen untuk mendapatkan harga sesuai dengan nilai pulsanya," kata Danny.
Pada kesempatan itu, XL juga meluncurkan denominasi baru dengan nilai ekonomis Rp 15 ribu dan Rp 30 ribu. Untuk sementara, denominasi itu hanya berlaku di seluruh gerai Indomaret. "Kehadiran nilai denominasi baru itu karena saat ini terjadi pergeseran nilai pembelian pulsa di konsumen. "Demand pembelian pulsa Rp 10 ribu dan Rp 25 ribu mengalami peningkatan seiring dengan daya beli konsumen yang meningkat. Oleh karena itu, kami meluncurkan denominasi baru, Rp 15 ribu dan Rp 30 ribu," tegas Danny.
Keputusan XL menggandeng modern channel sebagai salah satu channel penjualannya juga diperkuat dengan kontribusi yang tinggi channel modern terhadap total revenue XL, yakni mencapai 30%. Dari berbagai channel penjualan XL, banking, ritel modern, dan online menempati tiga penyumbang eratas. Selanjutnya, diikuti oleh XL Tunai dan ritel tradisional--yang kontribusinya terhitung kecil.
"Kerja sama XL dengan Indomaret kali ini untuk menjawab keinginan pelanggan agar dapat membeli pulsa dengan harga yang pas. Yaitu, sesuai dengan denominasi yang diinginkan tanpa harus ada biaya tambahan. Contohnya, jika pelanggan ingin membeli pulsa dengan denominasi 15 ribu, maka jumlah yang dibayarkan oleh pelanggan sesuai dengan denominasi itu, Rp 15 ribu," lanjut Danny, yang menyebutkan bahwa ke depannya tidak tertutup kemungkinan XL akan bekerja sama dengan ritel modern lainnya.
Ditambahkan Marketing Director Indomaret Wiwiek Yusuf, kerja sama program dengan XL sejalan dengan motto Indomaret, yakni mudah dan hemat. Antara lain, diwujudkan lewat tawaran pembelian pulsa XL yang dibayarkan sesuai nilai denominasinya, alias tanpa biaya tambahan.
"Sampai saat ini, layanan pembelian pulsa menjadi salah satu unggulan di Indomaret selama 10 tahun. Dari rata-rata pendapatan Rp 150 juta setiap bulannya di setiap gerai Indomaret, 8% atau sekitar Rp 10 juta disumbang oleh penjualan pulsa," terang Wiwiek, yang mengklaim bahwa Indomaret merupakan yang pertama menghadirkan layanan penjualan pulsa di modern channel.