Djarum Foundation Gelar Pelatihan Public Speaking 4.0

Keterampilan public speaking menjadi salah satu modal penting dalam menghadapi tantangan era industri 4.0. Sejatinya, soft skills berupa public speaking akan mempermudah generasi muda dalam menyampaikan visi dan gagasan mereka kepada masyarakat maupun pengikutnya.

Pentingnya memiliki kemampuan berbicara di depan umum ini diulas secara mendalam pada pelatihan Leadership Development Djarum Beasiswa Plus 2021. Program yang digelar Djarum Foundation secara virtual ini, berlangsung sepanjang Maret 2021 dan diikuti sekitar 522 Beswan Djarum Angkatan 2020/2021 dari 93 perguruan tinggi di Indonesia.

Salah satu pembicara yang dihadirkan di program pelatihan ini adalah Digital Content Producer VOA Indonesia Rendy Wicaksana. “Kemampuan berbicara di depan umum merupakan salah satu kunci meraih kesuksesan di masa mendatang. Pasalnya, dengan kemampuan berbicara di hadapan umum yang baik, seseorang dapat meyakinkan ide dan gagasannya kepada orang lain,” katanya.

Lebih jauh ia menerangkan, dengan kemudahan teknologi dan kemampuan public speaking yang mumpuni, apa yang disampaikan harus dipahami dengan tepat. “Inilah yang disebut Public Speaking 4.0, yakni memanfaatkan perkembangan teknologi untuk menyampaikan gagasan dengan tepat dan ringkas,” ungkap Rendy.

Pria yang juga alumni Beswan Djarum angkatan 27 ini menuturkan, agar gagasan atau ide dapat diterima orang lain dengan baik, maka ada dua langkah yang dapat dilakukan. Pertama, memahami secara mendalam materi yang akan disampaikan. Seorang pembicara harus menerapkan metode design thinking dalam melakukan riset mendalam terkait topik dan sumber informasi yang akan digunakan.

Kedua, menemukan pola yang menarik saat menyampaikan materi tersebut. “Karena saat berbicara di depan umum, 10 detik pertama menjadi penentu apakah seorang pembicara dapat berkomunikasi dengan baik dan menarik. Seorang pembicara harus memiliki kreativitas yang luas untuk menciptakan kesan yang menarik. Dengan demikian, target yang dituju akan tertarik untuk mendengarkan pesan atau informasi yang hendak disampaikan,” ujarnya.

Ditambahkan Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation Lounardus Saptopranolo, tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk melatih generasi muda, khususnya Beswan Djarum, dalam menumbuhkan kepercayaan diri dan mampu menyampaikan ide dan gagasan mereka dengan baik di tengah masyarakat. Harapannya, soft skills ini dapat mendorong generasi muda berkontribusi lebih dalam membangun bangsa.

“Tak hanya itu, seiring perkembangan teknologi, kita juga harus mempelajari cara menyampaikan ide dan gagasan di depan umum baik secara langsung (tatap muka) maupun secara tidak langsung (virtual), sehingga ide dan gagasan yang dimiliki dapat ditelaah dan diterima dengan baik,” terang Sapto.

Selain Public Speaking 4.0, beberapa materi dalam Leadership Development Djarum Beasiswa Plus 2021 adalah “Gritty Leadership” yang bertujuan membentuk jiwa kepemimpinan yang bermental kokoh dan “Design Thinking for Writers” guna mengasah Beswan Djarum agar memiliki metode berpikir kreatif dalam melahirkan sebuah tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)