Ini Alasan Mengapa Brand Harus Memanfaatkan Live Streaming?

Studi yang dirilis We Are Social pada Februari 2021 lalu mengungkapkan bahwa 98,5% pengguna internet di Indonesia banyak menonton video di internet. Sebanyak 86,2% pengguna internet juga menggunakan aplikasi mobile untuk mengkonsumsi hiburan dan video.

Dikatakan Monika Rudijono, Chief Marketing Officer Lazada Indonesia, tren video live streaming, baik dalam format panjang maupun yang hanya berdurasi belasan detik, telah menjadi industri tersendiri. “Keberadaan video live streaming membuka cakrawala para seller dan pemilik brand akan potensi kekuatan konten visual untuk berinteraksi langsung, berkomunikasi, dan berbagi pesan dengan konsumen secara virtual, yang pada akhirnya bisa mendorong penjualan,” yakinnya.

Sebagai platform eCommerce pertama yang memperkenalkan live streaming ke pasar Asia Tenggara, Lazada terus menyambut perkembangan tren live streaming. Antara lain, melalui penyelenggaraan Lazada Super Party pada Maret 2019, di mana untuk pertama kalinya acara konser musik selebriti kelas dunia tidak hanya ditayangkan di stasiun televisi di negara tempat Lazada beroperasi, namun juga melalui streaming di aplikasi Lazada.

“Penggabungan pengalaman hiburan dan belanja melalui konser menandai era baru shoppertainment Lazada di Asia Tenggara. Strategi shoppertainment Lazada meningkatkan keseluruhan pengalaman belanja untuk konsumen, sekaligus menciptakan kesempatan untuk brand dan seller berinovasi dan menjadi kreatif dalam berinteraksi dengan konsumen. Mulai dari talk show, gaming competition, hingga ajang pencarian atlet e-sport, yang semuanya bisa dinikmati konsumen sembari bersantai di rumah,” papar Monika.

Lebih jauh ia menegaskan, sambutan positif atas tren live streaming tersebut terlihat dari pertumbuhan fitur interaktif online LazLive di Lazada. Data Lazada menunjukkan sebanyak total 27 juta penonton di Asia Tenggara mengakses LazLive hanya di bulan April 2020, dengan total penjualan meroket 45% di bulan tersebut meskipun di tengah lockdown. “Jumlah penonton Indonesia di LazLive pun mengalami peningkatan 25% di bulan Mei 2020 dibandingkan bulan sebelumnya,” tandasnya.

Sunny’s Market, toko online yang menjual produk kecantikan Korea, menjadi salah satu contoh yang telah memanfaatkan fitur live streaming di platform Lazada Indonesia. Sunny’s Market memanfaatkan live streaming untuk mengedukasi konsumen atas produk kecantikan. Hasilnya, hanya dalam waktu sebulan sejak bergabung di LazLive, Sunny berhasil memecahkan rekor dengan penonton live stream terbanyak di Lazada sekaligus menjadikan toko online-nya sebagai toko dengan pertumbuhan tercepat di sepanjang sejarah Lazada. Melalui live streaming, Sunny menjangkau lebih dari 650 juta konsumen di Asia Tenggara.

“Meski demikian, menghadirkan pengalaman shoppertainment secara mulus dan interaktif tentu tidaklah mudah. Lazada memanfaatkan infrastruktur teknologi jaringan Alibaba yang canggih untuk memaksimalkan pengalaman konsumen dalam live streaming, yang telah meredefinisikan arti pengalaman berbelanja online. Terlebih dengan adanya fitur ‘See-Now-Buy-Now’ (Lihat-Sekarang-Beli-Sekarang) yang juga ditawarkan di LazLive dan bisa dimanfaatkan penjual seperti Sunny’s Market,” tuturnya.

Kehadiran fitur live streaming tidak hanya menjadi sebuah solusi kunci penghubung para penjual dan pemilik brand, namun juga membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan penghasilan tambahan. “Mereka yang memiliki keahlian ataupun sekedar keberanian untuk berbicara di depan kamera dapat mengembangkan talentanya dengan menjadi bintang utama dalam live streaming,” imbuh Monika.

Oleh karena itu, di Lazada, program Laztalent, yang diperkenalkan pertama kali pada Mei 2020, dikembangkan untuk membuka kesempatan bagi siapapun dengan latar belakang apapun, untuk memaksimalkan potensi dan kemampuan mereka dalam berinteraksi dan membawa topik selayaknya figur publik.

“Sebagai pionir dalam teknologi shoppertainment, Lazada berkomitmen untuk terus berinovasi dalam menghadirkan pengalaman belanja online yang unik dan bernilai. Kami mengajak semua pemangku kepentingan di dalam ekosistem eCommerce untuk bersama berinovasi dan mengembangkan live streaming sebagai frontier terbaru dalam mendorong roda perekonoman digital nasional,” ajaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)