Drive-In-Cinema dan Digital Platform Jadi Solusi Industri Perfilman di Era New Normal

Tahun 2019 menjadi masa puncak industri perfilman di Indonesia. Diungkapkan Riri Riza, Sutradara Film dalam "The Ultimate Talks by OPPO Find X2 Series and Forbes Indonesia" yang digelar hari ini (4/6), sepanjang tahun 2019, ada 53 juta penonton yang menonton film Indonesia. Itu artinya, 70% penonton di Tanah Air telah menonton film Indonesia.

Sayangnya, fakta yang menggembirakan akan kemajuan industri film Indonesia harus menghadapi tantangan di tahun ini. Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, turut berimbas pada industri perfilman di Tanah Air.

"Pandemi membuat produksi film harus ditunda, karena untuk shooting film saja, biasanya ada 100 sampai 200 orang yang akan berkumpul. Belum lagi, bisokop yang memang harus ditutup selama pandemi, hingga menunggu kebijakan pemerintah untuk bisa membukanya," cerita Riri.

Untuk menghadapi New Normal, diakui Riri, tidak tertutup kemungkinan konsep Drive-In-Cinema akan marak. "Konsep menonton film di outdoor dalam sebuah mobil menjadi salah satu solusi dalam menerapkan jaga jarak. Cara lainnya, dengan menerapkan bioskop dengan konsep jeda kursi," lanjutnya.

Solusi lainnya adalah dengan memanfaatkan digital platform, yakni menonton lewat layar smartphone. "Di masa normal, biasanya, setelah tayang di bioskop, 2-3 bulan setelahnya akan tayang di digital platform. Tidak tertutup kemungkinan, era New Normal, akan membuat film tayang pertama kali justru di digital platform. Ini yang masih kami akan lihat perkembangannya, ke depan alan seperti apa," Riri menjelaskan.

Diakui Riri, berdasarkan hasil riset, penonton utama film di Indonesia adalah usia 13 hingga 27 tahun, alias millennials. Oleh karena itu, pergeseran menonton dari bioskop ke layar smartphone (digital platform) membuat mereka jauh lebih mudah, karena sudah terbiasa dengan gadget.

"Namun, untuk mendapatkan pengalaman kolektif dalam menonton film bersama teman atau keluarganya, saya rasa bioskop tetap akan menjadi salah satu pilihan di era New Normal. Terutama, untuk mereka yang sudah mature seperti saya," yakinnya.

Riri sendiri sudah mulai memproduksi sebuah video dengan perangkat OPPO Find X2. Video #StaHomeStayExciting yang diproduksi Riri menggunakan OPPO Find X2, dengan memanfaatkan beragam fitur.

"Di video yang saya posting di akun Instagram saya (@rizariri), saya banyak menggunakan fitur kamera dengan digital zoom, perekam suara yang bagus, screen OPPO Find X2 yang bagus, dan stabilizer yang anti goyang untuk pengambilan gambar," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)