Edukasi dan Galang Donasi untuk ODGJ Melalui Kampanye “Kita Manusia”

MIX.co.id - Menyambut Hari Kesehatan Mental Sedunia, Menjadi Manusia--platform sosial yang digagas Rhaka Ghanisatria bersama Adam Alfares Abednego dan Levina Purnamadewi--menggelar kampanye “Kita Manusia”. 

“Kita Manusia” adalah kampanye dengan misi untuk mengedukasi masyarakat akan minimnya penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Indonesia, sekaligus menggalang donasi dalam rangka membangun infrastruktur kesehatan yang lebih layak bagi mereka.

Kampanye ini digelar tak lepas dari fakta bahwa di Indonesia, data dari Kementerian Kesehatan pada 2018 mencatat, ada 9,8% dari total penduduk Indonesia mengalami gangguan jiwa. ODJG adalah orang yang mengalami gangguan dalam pikiran, perilaku dan perasaan yang termanifestasi dalam bentuk sekumpulan gejala dan/atau perubahan perilaku yang bermakna, serta dapat menimbulkan penderitaan dan hambatan dalam menjalankan fungsi orang sebagai manusia.

“Dari angka tersebut, 12.382 ODGJ hidup dalam pemasungan. Hanya 38,14% ODGJ di Indonesia yang berhasil menerima perawatan yang baik dan benar. Sisanya, mungkin terlantar dan jumlah ini terus bertambah,” tandas Rhaka.

Oleh karena itu, dalam rangkaian kampanye “Kita Manusia”, Menjadi Manusia akan menggelar berbagai program edukasi, antara lain membuat video dokumenter mini, yang menampilkan Ariel Tatum, film pendek yang perankan Ray Sahetapy, dan berbagai video edukasi tentang kesehatan jiwa. Video-video ini akan ditayangkan di berbagai kanal media sosial Menjadi Manusia.

Dijelaskan Rhaka, “Harapan kami, kampanye ‘Kita Manusia’ akan dapat menghimpun donasi untuk menyediakan tempat yang lebih layak untuk ODGJ di Indonesia. Kami akan merenovasi panti rehabilitasi Al-Fajar Berseri yang didirikan oleh Marsan Susanto yang saat ini ditinggali oleh teman-teman ODGJ, supaya mereka mendapatkan keamanan dan kenyamanan selama tinggal di sana.”

Di kampanye “Kita Manusia”, Menjadi Manusia bermitra dengan beberapa dokter spesialis kejiwaan, arsitek, komunitas, media alternatif, dan aktivis kesehatan mental lainnya. Dengan infrastruktur kesehatan dan dukungan perawatan yang mumpuni, diharapkan ODGJ pada akhirnya dapat menolong dirinya sendiri untuk berdikari menjadi individu yang memiliki kehidupan seutuhnya. 

Lebih jauh Rakha menjelaskan, puncak rangkaian kegiatan kampanye “Kita Manusia” akan berlangsung pada 10 Oktober 2021, bertepatan dengan Hari Kesehatan Mental Sedunia atau World Mental Health Day. Peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia itu sendiri bertujuan untuk mengkampanyekan kesehatan mental dan mendidik masyarakat mengenai isu-isu yang relevan berkaitan dengan kesehatan jiwa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)