Klinik Nyeri DR. Indrajana Perkenalkan Teknologi BESS

MIX.co.id - Sekitar 1% populasi  mengalami  syaraf terjepit. Sayangnya, dari jutaan orang yang mengalami syaraf terjepit, hanya puluhan ribu orang yang memilih melakukan tindakan operasi. Lantaran, masyarakat Indonesia memiliki persepsi bahwa akan  terjadi kelumpuhan pasca operasi.

Fenomena inilah yang mendorong Klinik Nyeri DR. Indrajana menggelar program edukasi terkait Nyeri Tulang Belakang atau Syarat Terjepit, pada hari ini (10/9). Melalui awak media, program edukasi ini menghadirkan sejumlah pembicara, seperti Dr. Mustaqim Prasetya, SpBS. dan Dr. Danu Rolian, SpBS.

Pada kesempatan ini, Dr. Mustaqim menjelaskan, ruas tulang belakang yang tersusun dari leher hingga bokong, berfungsi untuk menjaga postur tubuh tetap tegak dan menopang bobot tubuh baik saat bekerja maupun beristirahat. Ruas tulang belakang area lumbal (pinggang) dan servikal (leher) sangat rentan cedera atau mengalami masalah.

Sementara itu, nyeri tulang belakang penyebabnya cukup banyak, antara lain ketegangan otot atau keseleo hingga ada masalah pada ruas tulang belakang yang salah satunya adalah penyakit degeneratif tulang belakang. "Beberapa penyakit degeneratif yang bisa terjadi di ruas tulang belakang adalah penyempitan rongga tulang belakang (stenosis spinal), hernia nukleus pulposus, osteoartritis, dan sendi facet yang menebal,” ungkap Dr. Mustaqim.

Terkait penanganannya, dokter spesialis bedah saraf ini menjelaskan, untuk memastikan penyebab dan penanganannya, dokter perlu mengevaluasi dengan melakukan pemeriksaan fisik yang komprehensif dan pemeriksaan penunjang seperti rontgen, MRI, CT Scan.

Pada kesempatan ini, Dr. Danu Rolian, SpBS menjelaskan tentang teknologi terkini, Biportal Endoscopic Spinal Surgery atau BESS, yang dimiliki Klinik Nyeri DR. Indrajana. "BESS merupakan teknologi terdepan atau generasi terbaru dalam dunia minimally invasive surgery yang jauh lebih unggul dan efektif dalam mengatasi keluhan pada tulang belakang,” katanya.

BESS tak hanya dapat mengatasi hernia nukleus pulposus (HNP), tetapi juga dapat membantu mengatasi stenosis spinal, proses degeneratif tulang belakang, dan masalah lainnya yang berkaitan dengan ruas bantalan tulang belakang.

“Dibandingkan dengan teknologi endoskopi PELD sebelumnya, BESS ini lebih efektif dan unggul untuk mengatasi saraf terjepit karena jangkauannya lebih luas, sehingga bisa memperbaiki kondisi ruas tulang belakang,” imbuh Dr. Danu.

Lebih jauh ia menerangkan, saat ini, sudah ada pasien yang telah melakukan tindakan dengan teknologi terbaru ini. "Target kami adalah penurunan skala  nyeri dari pasien.  Pasien yang telah melakukan tindakan ini, 60%-nya mengalami penurunan skala nyeri hingga nol. Sisanya, mengalami penurunan skala nyeri Skala nyeri 4 dan 5," ucap Dr. Danu yang menyebutkan bahwa biaya yang diperlukan untuk melakukan tindakan dengan teknologi BESS mencapai Rp 85 juta.

Hamdani (54 tahun) adalah pasien yang mengalami nyeri pinggul yang menjalar hingga jari-jari kaki. Dia sudah melakukan fisioterapi, nyeri ini tak kunjung hilang. Aktivitas harian juga sudah mulai terganggu, misalnya saat sholat, atau jalan jauh sedikit nyeri pun datang.

Akhirnya,  Hamdani memilih ke Klinik Nyeri DR. Indrajana dan berkonsultasi dengan Dr. Mustaqim Prasetya, SpBS. Sesuai dengan hasil MRI, mengindikasikan adanya jepitan saraf pada tulang belakang. Hasilnya  jepitan tersebut berhasil dihilangkan dengan teknologi BESS.

“Alhamdulillah, nyeri sudah banyak berkurang dan bisa kembali beraktivitas dan beribadah tanpa nyeri lagi. Selain itu, sebagai pasien asuransi, saya sangat dimudahkan untuk prosesnya, termasuk dimudahkan dalam  melakukan tindakan. Saya merasa terbantu. Bahkan, kalau ada berkas yang kurang saya hanya butuh WA (WhatsApp). Sebab, di Klinik Nyeri DR. Indrajana, ada layanan jemput," tutup Hamdani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)