Gandeng SAP, Bank Danamon Jalankan Strategi HR Berbasis Data Digital 

MIX.co.id - Transformasi digital umumnya berfokus pada tiga aspek, People, Process, dan Technology. Oleh karena itu, menyadari pentingnya aspek People dalam transformasi digital, Bank Danamon mengoptimalkan pengelolaan sumber daya manusia (SDM)-nya dengan transformasi digital yang dibantu teknologi SAP.

Dituturkan HR Digitalization Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk. Handri Yustanto, kompleksitas manajemen SDM di era serba digital telah menuntut HR untuk menerapkan praktik terbaik dan teknologi terkini. HR berperan penting dalam menerapkan transformasi digital, bahkan melihatnya sebagai business partner.

“Bank Danamon berusaha adaptif dengan situasi dan berkomitmen untuk menerapkan transformasi menyeluruh di bidang HR. Hal itu tampak pada proses HR dengan kendali yang lebih terdistribusi, kolaborasi tinggi, koordinasi yang terpusat, serta kelincahan dan kecepatan proses,” terang Handri.

Sebelum terdigitalisasi, kerap muncul masalah terkait data dalam pengelolaan SDM. Lantaran, data tersebar di berbagai sumber. Untuk melaporkan atau menganalisis data karyawan, tim HR harus menemukan dan mengumpulkan data secara manual atau menghubungi TI (Teknologi Informasi) untuk memberi akses ke data yang seringkali memakan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk diproses. Secara keseluruhan, data sulit digunakan dan akhirnya diabaikan. Ketiadaan analisis terhadap data juga mengakibatkan HR mendapatkan gambaran yang tidak lengkap tentang tenaga kerja perusahaan dan tidak mampu bersikap proaktif.

Oleh karena itu, transformasi digital yang diadopsi Bank Danamon diarahkan untuk mengoptimalisasi kombinasi data HR dan data bisnis untuk menentukan keputusan bisnis. “Dalam hal ini, tim HR Bank Danamon tidak ingin sistem berhenti pada perekaman dan pengelolaan data SDM yang bersifat administratif, tetapi juga bisa mengelola big data yang kaya dan dinamis,” lanjutnya.

Lebih jauh ia menegaskan bahwa sejak 2017, Bank Danamon memercayai solusi SuccessFactors yang disediakan SAP Indonesia dan berfokus memanfaatkan produk digital yang sudah mapan itu untuk memberikan impact nyata bagi perusahaan.

Managing Director SAP Indonesia Andreas Diantoro menambahkan, transformasi digital yang dilakukan Bank Danamon ini berhasil memaksimalkan cara kerja HR dan mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang menjadi kunci utama dalam menghadapi perubahan.

“Kini, HR mendapat manfaat dari SAP SuccessFactors, karena dilengkapi kemampuan cerdas untuk memberdayakan pengguna bisnis membuka potensi, kemudahan penggunaan antarmuka (interface), dan mempersingkat waktu untuk menyiapkan lanskap sistem yang kompleks serta menyelaraskan data dari berbagai sumber, sehingga memungkinkan pengguna bisnis melakukan analisis canggih dalam pengelolaan SDM berbasis data,” urai Andreas.

Proses digitalisasi tersebut, menurut Handri, berhasil memotong lebih dari 20% proses HR dan 64% proses manual, lalu menurunkan 70% keluhan dari karyawan, hingga membuat 30% proses yang memiliki added value diberdayakan kepada manajer atau karyawan, sehingga bisa membuat keputusan.

Handri pun menggarisbawahi terkait tantangan terbesar yang dihadapi, yakni mengelola perubahan dan cara berpikir. Selain beradaptasi kepada proses-proses yang terbaik dan terkini, HR juga perlu menggalang dukungan dari semua pemangku kepentingan dan mengedepankan kepemimpinan yang unggul untuk menggerakkan perubahan.

“Perubahan cara berpikir ini memang tidak mudah, sebab membutuhkan learning agility dan kemauan untuk learn, unlearn, serta re-learn sesuatu yang baru,” yakin Handri.

Akan tetapi, tantangan itu tidak menghalangi komitmen perusahaan dalam menerapkan transformasi digital. Justru Bank Danamon melihatnya sebagai proses belajar yang masih berjalan. “Learning bagi kami adalah journey, bagaimana pegawai mendapatkan knowledge di dalam sistem, tahu cara menggunakannya, bagaimana dia practice di lapangan, dan semua proses itu terekam dalam sistem. Tiga hal, people, process, dan technology adalah sesuatu yang harus kami perhatikan dan pastikan saling bersinergi,” imbuh Handri.

Saat ini, Bank Danamon tengah mendesain roadmap Strategic Initiative HR 2023-2024, yang salah satunya membangun data-driven yang memanfaatkan big data HR yang kaya dan dinamis untuk menggerakkan keputusan strategis terkait SDM. “Selain itu, kami ingin bisa memanfaatkan data itu tidak hanya untuk business analysis tetapi juga people analysis,” tandas Handri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)