Genjot Bisnis Digital, Telkom Luncurkan BigBox

PT Telkom Indonesia Tbk. resmi meluncurkan BigBox, solusi big data analytics untuk program Satu Data Indonesia yang dicetuskan pemerintah, pada hari ini (2/12), secara virtual. Solusi ini dihadirkan untuk mendukung inisiatif pemerintah dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas tata kelola data pemerintahan, tak hanya untuk pengambilan kebijakan tapi juga bentuk pemenuhan kebutuhan data publik bagi masyarakat.

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, yang turut hadir pada peluncuran tersebut, menyambut baik langkah Telkom menghadirkan BigBox. “Layanan big data ini memberikan solusi data yang komprehensif dan diharapkan dapat dimanfaatkan secara luas baik oleh lembaga pemerintah, BUMN, dunia usaha, dan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah menuturkan bahwa BigBox merupakan wujud nyata kontribusi Telkom dalam pemanfaatan data bagi masyarakat luas. “BigBox adalah bagian dari fokus bisnis digital yang tengah Telkom kembangkan, khususnya dalam rangka mengakselerasi pengembangan platform digital, sejalan dengan transformasi menjadi perusahaan,” ucapnya.

Sejatinya, peranan layanan BigBox dalam mengelola dan mengartikan data merupakan kunci penting yang dapat dioptimalkan sebagai competitive advantages bagi instansi maupun korporasi di Indonesia.

“Kami berharap layanan ini mampu secara optimal mendorong ekonomi Indonesia maju lebih cepat. Selain itu, melalui BigBox, kami juga mendorong digital talent di Telkom dan BUMN untuk dapat bersama menggali potensi big data ini dan mampu menghadirkan layanan terbaik untuk semua,” ungkap Ririek.

Lantas, solusi seperti apa yan ditawarkan BigBox? Direktur Digital Business Telkom M. Fajrin Rasyid menjawab, BigBox adalah end-to-end big data platform, produk dari Amoeba sebagai inkubasi model startup internal perusahaan. BigBox juga memiliki vertical platform, yaitu social media analytic platform (BigSocial), e- commerce analytic platform (BigCommerce), dan one data management platform (BigOne). Khusus untuk BigOne, akan diusung oleh Telkom untuk menjadi platform Satu Data Indonesia, secara nasional.

BigBox diyakini mampu memenuhi semua hal yang tercantum dalam kebutuhan Satu Data Indonesia. Mulai dari lingkungan data yang terintegrasi dan mudah diakses, pengolahan data, analitik yang akurat dan dipertanggungjawabkan, sampai menghasilkan insight untuk pengambilan keputusan serta API (Application Programming Interface) marketplace yang memudahkan data dibagi-pakaikan.

Kendati baru hari ini resmi diluncurkan, sepanjang perjalanan pengembangannya, BigBox telah teruji di berbagai use case implementasi big data. Di antaranya, proyek yang mengintegrasikan 5.518 sumber data SPBU. Proyek ini telah mengantarkan BigBox meraih penghargaan nasional dan internasional. Mulai dari ASEAN Federation of Engineering Organizations (AFEO), Data Impact Awards, APAC CIO Outlook, hingga sebagai penerima penghargaan di ajang BUMN Millennial Innovation Summit 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)