Google Indonesia meluncurkan konten online movement Share the Stage yang memfasilitasi para penggemar untuk berinteraksi secara virtual dengan musisi favorit mereka. Selain bisa bertemu langsung dengan musisi favoritnya, para penggemar juga dapat berdiskusi sambil berbagi antusiasme tentang musik, bernyanyi bersama, ataupun berkolaborasi secara online.
Google Indonesia meluncurkan konten gerakan online, Share the Stage, yang melibatkan tujuh label musik dan 22 musisi Indonesia.
Country Marketing Manager Google Indonesia Krishna Zulkarnain, sangat optimis konten terbaru dari Google+ ini akan sukses dengan alasan musik memiliki peran sangat besar dalam social media. ”Saya sangat yakin dengan peluncuran Share the Stage, karena dalam social media, yang paling dicari atau dilihat oleh penggunanya pasti berkaitan dengan musik, seperti di Facebook dan Twitter. Sejak dua jam lalu diluncurkan, sudah ada 8000 pengguna Share the Stage di Indonesia,” paparnya.
Share the Stage merupakan gerakan khusus yang diciptakan secara orisinil oleh Google Indonesia – dan sementara hanya dapat digunakan di Indonesia – untuk menyatukan berbagai tingkat komunitas musik. Selain itu, konten terbaru dari Google Indonesia ini juga menyediakan berbagai informasi terkait album, jadwal konser, dan berita-berita eksklusif dari para musisi.
“Kami memahami bahwa para musisi Indonesia butuh sebuah apresiasi. Dari ide itu, kami berupaya membantu dari sisi teknologi-nya, dimana musisi dan fans bisa lebih deket lagi lewat dunia digital. Jadi, kami ingin memfasilitasi kebutuhan artis untuk berinteraksi dengan fans-nya lewat berbagai konten digital di Google+,” ujarnya, Rabu (17/10) lalu, di Jakarta.
Dalam hal ini, Google Indonesia bekerja sama dengan tujuh label musik, antara lain PT Warner Music Indonesia, PT Musicas Studio, PT Sony Music Entertainment Indonesia, PT Digital Rantai Maya, PT Aquarius Musikindo, PT Alfa Kreasitama, dan PT Trinity Optima Production. Selain itu, ada 22 musisi dan band yang ikut mendukung peluncuran Share the Stage.
Rizki Utami selaku pihak dari PT Trinity Optima Production, mengatakan, masyarakat Indonesia gemar bersosialisasi lewat jejaring sosial, dan musik memiliki pengaruh yang besar dalam hidup mereka. “Digital akan menjadi langkah selanjutnya bagi pertumbuhan bisnis (musik-red), dan kami akan memenuhi tantangan serta peluang baru yang ada,” jelas Rizki.
Secara global, pengguna Google+ sudah mencapai 400 juta user dan sekitar satu juta brand pages yang terdiri dari musisi maupun media brand. Dan, konten Share the Stage juga sudah bisa diakses lewat handset dengan sistem operasi (OS) Android dan Apple atau di website www.plus.google.com/+googlesharethestage .