Google Rilis Youtube Music

downloadfile-2 Google kembali melakukan inovasi dengan merilis Youtube Music yakni aplikasi streaming video khusus musik di Silicon Valley, Amerika Serikat, pada Jumat (13/11/2015)

Google kembali melakukan inovasi dengan merilis Youtube Music yakni aplikasi streaming video khusus musik di Silicon Valley, Amerika Serikat, pada Jumat (13/11/2015). Ekspansi bisnis di industri musik kian menjadi fokus perusahaan, dengan kelebihan yang mengijinkan para penggunanya untuk menikmati video secara streaming.

Seperti dikutip MIX dari blog resmi milik Google, “Dengan Youtube Music, anda akan mendapatkan pengalaman yang benar-benar baru, dirancang untuk menemukan musik di Youtube lebih mudah dari sebelumnya,” tulis pihak Youtube.

Secara garis besar, aplikasi tersebut menawarkan hal yang tidak jauh berbeda dari aplikasi YouTube. Walaupun mengijinkan pengguna menikmati video secara streaming, namun YouTube Music, sama seperti namanya, membatasi jenis video yang bisa diputar hanya berkaitan dengan musik saja.

Pengguna juga bisa mendengarkan atau menemukan lagu dari satu album secara penuh. Saat ada satu track lagu yang telah tersedia videonya, aplikasi ini akan langsung memutar video tersebut. Namun, jika tidak tersedia, sistem hanya akan menampilkan cover art atau gambar dari cover album tersebut.

Aplikasi YouTube Music memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dari aplikasi streaming musik sejenis. Pengguna dapat menemukan musik berdasarkan nama artis atau musisi, genre musik, hingga nama album. Menariknya, pengguna dibebaskan dari kemungkinan untuk membayar dalam menggunakan aplikasi YouTube Music. Namun, seperti halnya kanal Youtube, Google melakukan monetisasi channel dengan menampilkan iklan di setiap video yang diputarnya.

Pengguna Youtube Music juga diberikan kebebasan untuk memilih jika tidak ingin melihat iklan, ditambah dengan berbagai fitur menarik lainnya, YouTube mengajak pengguna untuk berlangganan layanan YouTube Red. “Kelebihan dari fitur Red lainnya, pengguna bisa mengunduh musik yang ada dan mendengarkannya secara offline,” tulis pihak Youtube.

Kelebihan lain dari Youtube Music adalah kemungkinan bagi penggunanya untuk menikmati musik walaupun tidak memiliki paket data atau sekedar untuk menghemat baterai. “pengguna bisa menyalakan fitur audio-only. Dalam mode ini, YouTube Music hanya akan memperdengarkan suara, tanpa memperlihatkan video.”

Aplikasi YouTube Music sudah tersedia secara gratis di platform Android dan iOS. Sayangnya, ia baru tersedia di pasar AS. Untuk pasar Indonesia, belum ada keterangan resmi kapan aplikasi tersebut bisa segera diunduh. Artinya, pengguna di negara-negara di luar AS, masih belum bisa mengunduh aplikasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)