Mulai pertengahan 2012 ini, raksasa bisnis Fast Moving Consumer Goods (FCMG) PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) akan mengembangkan bisnis minuman non-alkohol di Indonesia. Bisnis baru ini akan dilakukan dengan menggandeng perusahaan makanan dan minuman asal Jepang, Asahi Group Holding Southeast Asia Pte Ltd (Asahi).

Nilai investasi untuk pengembangan pabrik minuman serta perusahaan distribusi dan pemasaran diperkirakan sebesar Rp 1,8 triliun-Rp 2 triliun. Porsi investasi untuk perusahaan produksi minuman lebih besar, sekitar 60%-70%, dan selebihnya untuk pemasaran dan distribusi. Perusahaan baru ini kemungkinan akan mulai beroperasi tahun 2014 mendatang.

Setelah penandatanganan perjanjian, Senin (9/7) lalu, di Bintan, Presiden Direktur dan CEO ICBP Anthoni Salim, mengatakan, dalam kerja sama tersebut ICBP akan menjadi pemegang saham mayoritas dengan kepemilikan saham 51% untuk perusahaan patungan yang menangani pemasaran dan distribusi produk. Sementara itu, pihak Asahi sendiri akan menjadi pemegang saham mayoritas untuk perusahaan patungan yang menangani produksi.

Menurut Presiden Asahi Naoki Izumiya, jenis minuman yang akan diproduksi rencananya air mineral dan teh. Namun variasi minuman yang akan diproduksi akan disesuaikan dengan perkembangan pasar di Indonesia.

Ia dan pihaknya menyambut baik kesempatan bekerja sama dengan ICBP. Melalui kerja sama ini ia berharap bisa menjadi momentum untuk mengisi pasar Indonesia. “Kami berharap bisa kerja sama ini bisa sukses dalam mengembangkan pasar di Indonesia,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)