Ini 8 Upaya JD.id Demi Meyakinkan Konsumen Tetap #DiRumahAja

Di tengah wabah Virus Corona (Covid-19) yang melanda Indonesia, JD.id--sebagai perusahaan e-Commerce yang terafiliasi dengan JD.com--berkomitmen untuk senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik, dipercaya, dan diandalkan bagi seluruh pelanggan.

Untuk itu, JD.id akan fokus untuk menyiapkan layanan end-to-end terbaik, mulai dari warehouse, drop point, kurir, customer service, hingga purna jual (after sales). Selain itu, JD.id juga melakukan berbagai tindakan pencegahan untuk memastikan kebersihan lingkungan kerja, stok barang, paket siap kirim, serta kesehatan dan keselamatan seluruh pegawai.

Dikatakan Marketing Chief JD.id Mia Fawzia, JD.id berkomitmen untuk menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia walaupun dalam kondisi yang sulit sekalipun. “JD.id telah berdiri sejak tahun 2016, dan sejak saat itu kami terus berusaha untuk memberikan pengalaman belanja yang terbaik kepada para pelanggan dan memenuhi kebutuhan mereka. Bersama-sama dengan para seller dan supplier, kami akan berupaya untuk melayani dan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, meskipun dalam situasi yang penuh tantangan seperti saat ini," ucapnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, ada beberapa langkah yang sudah dilakukan JD.id dalam mencegah penyebaran Covid-19. Pertama, memastikan warehouse, drop point, dan pegawai yang bertugas selalu dalam kondisi bersih dan sehat. JD.id telah menerapkan serangkaian kebijakan internal. Kebijakan tersebut dinamakan 5R, yakni Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin, yang merupakan pedoman kerja yang selama ini telah diterapkan oleh pegawai warehouse maupun drop point.

Salah satu contoh adalah pelaksanaan aturan “Wajib Sanitasi Higienis” secara ketat, mulai dari sterilisasi dengan penyemprotan desinfektan sebelum pegawai memasuki area kerja, pengecekan suhu tubuh secara rutin, kewajiban mencuci tangan atau pemakaian cairan pembersih tangan, dan penggunaan sarung tangan dan masker bagi seluruh pegawai warehouse.

"Hal ini dilakukan demi menjaga agar barang-barang bebas segala virus dan bakteri. Selain melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area warehouse, JD.id juga melakukan penyemprotan di semua area drop point," ia menegaskan.

Kedua, penambahan stok barang di warehouse secara berkala. Menurut Mia, salah satu prioritas utama JD.id adalah penambahan stok barang secara berkala. Melalui upaya ini, JD.id dapat memastikan kuantitas stok produk yang memadai, terlebih dalam hal pasokan makanan, produk kesehatan, dan obat-obatan, yang saat ini paling diminati dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Ketiga, mengecek dengan teliti setiap barang yang diterima dari supplier saat proses loading dan melakukan quality control secara rutin. Diakui Mia, tidak semata terima jadi adalah salah satu moto yang dipegang teguh oleh pegawai warehouse saat proses loading barang oleh supplier. Dalam proses ini, pegawai warehouse JD.id secara teliti mengecek sampel dari barang yang dikirim untuk memastikan barang tersebut memiliki izin edar yang resmi, memiliki info tanggal kadaluarsa yang jelas, dan layak untuk dipakai atau dikonsumsi.

"Pegawai warehouse juga secara rutin melakukan quality control untuk memastikan penerimaan, penyimpanan, pengambilan, pengemasan, dan pengiriman barang dari warehouse berlangsung sesuai standard yang berlaku," ungkapnya.

Keempat, mengemas paket pesanan pelanggan dengan rapi sesuai Standard of Procedure (SOP). "JD.id selalu memastikan paket siap kirim sudah sesuai dengan SOP yang berlaku. Tiap- tiap paket akan dikemas dengan rapi, kemudian dicek ulang sebelum akhirnya diserahkan kepada kurir untuk dikirim," imbuhnya.

Kelima, armada pengiriman yang layak dan rutin dibersihkan. Selain pegawai, dituturkan, barang-barang, warehouse, dan drop point yang dipastikan kebersihan dan keselamatan-nya, JD.id juga melakukan pembersihan dan pengecekan secara rutin atas armada pengiriman.

"Secara berkala armada akan dicek kelayakannya, hingga kemudian dibersihkan, sebelum akhirnya digunakan untuk mengantar paket pesanan ke drop point atau langsung ke rumah pelanggan. Hal ini berarti tidak satu titik pun yang terlewatkan oleh JD.id dalam mempersiapkan dan mengirimkan paket pesanan kepada pelanggan," ujarnya.

Keenam, mengantarkan paket pesanan langsung ke pintu rumah. JD.id memberikan pengalaman belanja online yang nyaman kepada para pelanggan dengan mengantarkan kebutuhan sehari-hari langsung ke pintu rumah. Bahkan, rantai pasokan dan layanan logistik JD.id menjadi lebih awas dari sebelumnya. "Melalui kerja sama dengan beberapa perusahaan logistik terkemuka dengan kurir yang sigap dan tanggap, JD.id akan memastikan paket pelanggan sampai di tempat tujuan dengan cepat dan selamat," sambung Mia.

Ketujuh, merespon dan menangani setiap permohonan pelanggan dengan tanggap. Oleh karena itu, setiap hari selama 24 jam penuh tim Customer Service (CS), JD.id siap untuk melayani seluruh pelanggan Mulai dari menjawab pertanyaan, hingga menanggapi pengajuan komplain atau refund. "Tim CS JD.id yang terdiri atas sumber daya berpengalaman akan berusaha untuk memberikan layanan terbaik dengan cepat, akurat, dan tanggap," yakin Mia.

Kedelapan, menangani permohonan retur pelanggan dengan teliti dan cekatan. Biasanya, dikarenakan alasan tertentu, terdapat beberapa pelanggan yang ingin mengajukan penukaran atau pengembalian produk yang telah dibeli. "Oleh karena itu, kami menghadirkan tim purna jual yang teliti dan cekatan dalam menangani permintaan pelanggan tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan pelanggan puas belanja di JD.id, bahkan setelah barang sampai di tangan mereka sekalipun," tandasnya.

Sementara itu, tepat pada hari ini (28/3), JD.id juga merayakan hari jadi-nya yang ke-4. "Bagi JD.id, bentuk perayaan hari jadi yang paling tepat adalah dengan memastikan setiap aspek layanan dalam kondisi prima, sehingga memberikan kenyamanan dan kepuasan berbelanja yang maksimal kepada seluruh pelanggan," ungkap Mia.

Selain itu, di hari yang spesial ini, JD.id juga menggelar serangkaian program promo dan potongan harga (diskon) yang menarik, setiap hari selama 24 jam nonstop. Program bertajuk “JD4U” (JD Four You) ini telah berlangsung sejak 26 hingga 31 Maret mendatang, untuk seluruh pelanggan JD.id. “Sebab, kami akan terus berusaha untuk penuhi kebutuhan pelanggan, agar mereka merasa aman, lebih nyaman, dan tetap #DiRumahAja,” Mia menutup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)