MIX.co.id - Empat tahun hadir meramaikan pasar ritel Food & Beverage (F&B) di Indonesia, Kopi Kenangan berhasil menjadi New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara. Status ini diperoleh Kopi Kenangan pada 2021 lalu, selepas memperoleh pendanaan Seri C. Saat ini, sejumlah merek resmi bernaung di bawah grup Kenangan Brands, yakni Cerita Roti, Chigo, Kenangan Heritage, Kenangan Manis, dan RTD coffee Kopi Kenangan Hanya Untukmu.
Sepanjang 2021, Kopi Kenangan juga berhasil mencatatkan penjualan lebih dari 3 juta gelas setiap bulan. Sementara itu, untuk Cerita Roti, tercatat penjualan sebesar 6,4 juta dalam setahun, Chigo dengan lebih dari 1 juta produk, dan Kenangan Manis yang baru saja diluncurkan pada Oktober 2021 sudah berhasil menjual 20.000 cookies dalam sebulan.
Diungkapkan Edward Tirtanata, CEO dan Co-Founder Kenangan Brands, “Sejak pertama kali hadir dengan Kopi Kenangan, saat ini sudah ada sejumlah brand yang berada di bawah naungan Kenangan Brands. Prioritas kami adalah terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh konsumen. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menghadirkan beragam progam training kepada karyawan. Hingga saat ini, kami telah memberikan program training ke lebih dari 10.000 karyawan.”
Lebih jauh ia menerangkan, sebagai brand yang telah menjual lebih dari 3 juta gelas kopi per bulannya, saat ini, Kopi Kenangan telah memiliki 622 gerai yang tersebar di 45 kota dan akan terus menambahkan gerai di seluruh wilayah Indonesia. Pada 2021, Kopi Kenangan juga meningkatkan kuantitas penggunaan bahan baku seperti biji kopi, gula aren, susu, dan juga sirup sebesar 58,8%.
“Tahun ini, Kopi Kenangan juga akan menghadirkan inovasi dan produk, seperti pemesanan melalui whatsapp dan pick up di gerai melalui order.kopikenangan.com. Kemudian menghadirkan outlet baru dengan layanan drive thru dan memberikan member retention dan engagement seperti cashback di aplikasi Kopi Kenangan,” lanjutnya.
Pada penghujung 2021, diakui Edward, aplikasi Kopi Kenangan mencatatkan adanya peningkatan penjualan hingga 188% dibandingkan dengan tahun 2020. Bahkan, Kopi Kenangan kembali memperoleh penghargaan Brand of The Year dari World Branding Awards International Forum di kategori Cafe Chain 2021-2022 dan Sertifikasi CHSE (Clean, Healthy, Safety and Environmental) dari Kemenparekraf pada Januari 2021.
Sementara itu, meski baru diluncurkan awal 2021 lalu, Cerita Roti telah berkembang pesat dengan menjual 6,4 juta roti selama setahun dan sudah tersedia di 480 outlet Kopi Kenangan x Cerita Roti. Bahkan, peningkatan penjualan Cerita Roti meningkat 330% di enam bulan terakhir 2021. Selain itu, Kenangan Brands juga akan terus menghadirkan outlet baru Cerita Roti di seluruh wilayah Indonesia dan mengeluarkan varian baru untuk dinikmati konsumen.
“Saat ini, Cerita Roti memiliki 1 Central Kitchen di Jakarta, dan 4 Mini Central Kitchen di Bogor, Bandung, Semarang, dan Medan, dengan kapasitas produksi kurang lebih 250.000 roti per minggu. Cerita Roti juga telah mendapatkan sertifikasi Halal untuk semua varian yang disajikan dan berhasil mengembangkan followers di Instagram sebesar 30K dalam kurun waktu 6 bulan,” urainya.
Serupa dengan Kopi Kenangan dan Cerita Roti, produk olahan ayam goreng Chigo juga mencatatkan kinerja positif. Kini, Chigo telah tersebar di 40 outlet di Jabodetabek dan telah menjual lebih dari satu jura produk. Bahkan, terjadi peningkatan penjualan hingga 232% pada enam bulan terakhir di tahun 2021.
“Chigo berencana untuk melakukan ekspansi ke lebih dari 100 outlet di Indonesia pada 2022. Untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, di tahun 2022 Chigo juga akan mulai mengeluarkan menu minuman, side dish and add ons menu, serta memperkenalkan varian terbaru Chigo,” tambah Edward.
Kenangan Heritage yang diluncurkan pada Oktober 2021 lalu juga berhasil mencetak kinerja positif. Kenangan Heritage berhasil menjual lebih dari 50.000 specialty coffee dalam 2 bulan pertama peluncurannya. “Kami berencana untuk ekspansi ke kota lain pada 2022, karena melihat antusias dari konsumen yang sangat tinggi,” katanya.
Produk sea salt soft baked cookies Kenangan Manis yang diluncurkan pada 25 Oktober 2021 lalu juga berkinerja positif. Saat ini, Kenangan Manis telah tersedia di 25 gerai dan telah menjual lebih dari 20 ribu cookies dalam kurun waktu hanya satu bulan. Menginjak awal 2022, Kenangan Manis mencatatkan rata-rata penjualan sebesar 300 pieces per gerai per hari. “Melihat konsistensi dan keseriusan ini, Kenangan Manis ditargetkan hadir di lebih dari 75 outlet baru di Indonesia dalam Q1 2022,” patok Edward.
Paling anyar, ready to drink coffee, Kopi Kenangan Hanya Untukmu, yang diluncurkan pada 17 Januari 2022 lalu juga direspon positif oleh pasar. “Kenangan Brands akan melakukan ekspansi ke seluruh kota di Indonesia agar konsumen dari wilayah manapun dapat menikmati semua produk Kenangan Brands,” pungkas Edward.