Ini Kinerja Facebook Sepanjang Q1 2017

Kinerja Facebook tiap tahunnya terus memperlihatkan pertumbuhan yang positif. Merujuk laporan yang baru saja dirilis Facebook, pada kuartal pertama (Q1) 2017, Facebook mampu mencatatkan Pengguna Aktif Harian atau Daily Active Users (DAUs) sebesar 1,28 miliar orang. Itu artinya, tumbuh 18% jika dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Sementara itu, Pengguna Aktif Bulanan atau Monthly Active Users (MAUs) Facebook mencapai 1,94 miliar, atau naik sebesar 17% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Facebook juga mengungkapkan bahwa telah terdapat 1,2 miliar orang yang menggunakan Messenger setiap bulannya. Selanjutnya, lebih dari 70 juta bisnis di seluruh dunia kini telah menggunakan Facebook Pages setiap bulan, dan semakin banyak dari para pemilik bisnis yang menjadi pengiklan. Selain itu, ada lebih dari 5 juta bisnis yang aktif beriklan di Facebook.

Tak hanya Facebook, Instagram juga menunjukkan pertumbuhan yang positif. Pada Q1 2017, Instagram Stories telah memiliki lebih dari 200 juta pengguna aktif. Bahkan, dalam waktu beberapa bulan, setelah diluncurkan fitur WhatsApp Status, sudah ada 175 juta pengguna aktif harian yang menggunakan fitur tersebut.

Berangkat dari kinerja positif tersebut, Facebook berupa untuk mempertahankan sekaligus meningkatkan kinerjanya di tahun depan. Oleh karena itu, ada sejumlah hal yang menjadi fokus Facebook ke depannya, antara lain dengan membangun komunitas.

Ya, Facebook baru saja menjumpai fakta bahwa lebih dari 100 juta orang di Facebook merupakan anggota dari group yang “memiliki makna yang sangat penting”, seperti group orangtua dan group dukungan untuk penyakit langka yang merupakan bagian penting dari bentuk dukungan untuk diri mereka masing-masing.

Oleh karena itu, demi membantu membangun sebuah komunitas yang dapat merasa lebih aman, Facebook meluncurkan Bantuan Komunitas (Community Help), sebuah perangkat yang memungkinkan orang-orang untuk memberikan dan mendapatkan hal-hal yang mereka suka, seperti makanan, tempat pengungsian, maupun transportasi setelah terjadinya bencana alam.

Facebook juga terus membangun perangkat-perangkat baru untuk memastikan orang-orang merasa lebih aman di platform Facebook. Untuk itu, selama satu tahun ke depan, Facebook akan menambahkan 3.000 orang ke dalam tim operasional komunitas di seluruh dunia. Angka tersebut di luar dari 4.500 karyawan yang telah dimiliki Facebook saat ini. Tugas mereka adalah untuk memeriksa jutaan laporan yang Facebook dapatkan setiap minggu dan meningkatkan proses penyelesaian laporan tersebut dengan cepat.

Sementara itu, guna membantu membangun komunitas dengan keterpaparan informasi yang cukup, Facebook juga telah membuat perubahan pada peringkat News Feed, sehingga dapat membuat orang semakin jarang mengirimkan berita hoax.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)