Inilah Para Jawara “Indonesia Best eMark Award 2017”

Telkom University berkerja sama dengan Majalah SWA-Business Digest kembali menggelar perhelatan “Indonesia Best eMark Award 2017” untuk yang ketiga kali. Electronic marketing (e-Mark) merupakan bisnis revolusioner era digital saat ini, transformasi keuangan begitu cepat, hadirnya teknologi informasi membuat alur bisnis dunia bergeser haluan. Telkom University sebagai Universitas bereputasi teknologi informasi, baru ini juga menggelar pameran ICT terbesar di Indonesia, dengan mengusung tema Digital Broadband Summit. Selain mempertemukan perusahaan skala nasional dan dunia, gelaran bernama Bandung ICT Expo itu sekaligus momentum pengakuan terhadap perusahaan transformatif terbaik.

Rektor Telkom University Profesor Mochamad Ashari mengungkapkan bahwa program Indonesia Best eMark Award merupakan penghargaan terhadap perusahaan-perusahaan terpilih dalam hal pemanfaatan dan pengelolaan sistem atau aplikasi Information and Communications Technology (ICT) di bidang marketing dan penjualan.

"Melalui ajang ini, diharapkan mampu menjaring perusahaan-perusahaan pilihan yang berhasil meningkatkan kinerja bisnis berkat pengelolaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara tepat, cerdas dan efisien di bidang marketing dan sales" katanya.

Sejalan dengan yang disampaikan Ashari, Indonesia Best eMark Award ini memang digelar atas empat tujuan utama. Pertama, mengetahui dan memperoleh feedback terkait penerapan dan pemanfaatan sistem ICT di bidang marketing dan penjualan.

Kedua, memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang berhasil meningkatkan kinerja bisnis berkat pengelolaan dan pemanfaatan ICT secara tepat, cerdas, dan efisien di bidang marketing dan penjualan.

Ketiga, memberikan inspirasi dan role model bagi perusahaan-perusahaan lain untuk penerapan dan pemanfaatan sistem ICT di bidang marketing dan penjualan yang baik. Keempat, mendorong penerapan sistem ICT di bidang marketing dan penjualan yang semakin baik dari waktu ke waktu.

Sejak diinisiasi pada 2015 lalu, program tahunan ini selalu ramai peminat dan peserta. Pada gelaran yang ketiga ini, ada 33 perusahaan yang mendaftar menjadi peserta, terus meningkat dari tahun sebelumnya yang 28 peserta. Semua peserta mendaftar secara partisipatif. Artinya setiap perusahaan secara aktif melakukan pendafataran sendiri, bukan melalui proses rekomendasi oleh pakar.

Para peserta yang mendaftar kemudian dievaluasi secara ketat oleh tim panelis dan selanjutnya terpilih 24 finalis yang lolos masuk sesi penilaian penjurian. Dari 24 finalis ini, dikelompokkan menjadi 8 kategori besar yaitu kategori Transportasi & Logistik, eCommerce, Bank, Pembiayaan Non Bank, Asuransi, Pertambangan, Manufaktur, serta Jasa & Retail.

Setelah melalui penilaian penjurian, tim juri kemudian menetapkan para jawara “Indonesia Best eMark Award 2017”. Inilah deretan Top 3 Indonesia Best eMark Award 2017 untuk masing-masing kategori. Untuk kategori Transportasi & Logistik diduduki oleh PT KAI (juara) dan PT Nusantara Card Semesta (NCS). Kategori eCommerce ada PT OLX Indonesia (juara), PT Go Online Destinations (Pegi Pegi) dan PT Inovasi Sukses Sentosa (Indotrading). Kategori Bank diisi oleh PT Bank Nasional Indonesia Tbk (juara), PT Bank OCBC NISP Tbk, PT Bank ANZ Indonesia, dan PT Bank DBS Indonesia. Kategori Pembiayaan Non Bank ada PT Pegadaian (juara) dan PT Federal International Finance (FIF). Kategori Asuransi diraih oleh PT Sun Life Financial Indonesia (juara), PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia dan PT AIA Financial. Kategori Pertambangan diraih oleh PT Pertamina (juara) dan PT Bukit Asam. Kategori Manufaktur ada PT PAN Brothers Tbk (juara), PT Sarihusada Generasi Mahardhika dan PT Sugar Group Companies (Gulaku). Sedangkan kategori Jasa & Retail ada Ikea Indonesia (juara), PT Rekan Usaha Mikro Anda (RUMA) dan PT Culturo Kreatif Sinergi.

Dan berikut adalah kisah dari beberapa jawara Indonesia Best eMark Award 2017 dalam menerapkan ICT untuk mendukung operasional dan kesuksesan bisnisnya

Pegadaian
Walaupun jumlah pesaing perusahaan gadai semakin bertambah, bahkan dengan penawaran yang lebih kompetitif, tidak lantas menyurutkan optimisme PT Pegadaian menangkap peluang. Begitulah kurang lebih gambaran semangat tim PT Pegadaian saat meluncurkan program loyalitas Sahabat Pegadaian.

Pages: 1 2 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)