ITDC Cegah Covid-19 di Lingkungan Kerja dan Destinasi Wisata

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC)--BUMN pengembang dan pengelola destinasi pariwisata The Nusa Dua-Bali dan The Mandalika, NTB--melakukan upaya pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19. Upaya pencegahan itu dilakukan di dua tempat, yakni lingkungan kerja dan destinasi wisata yang dikelolannya.

“Kegiatan pencegahan ini kami lakukan untuk mendukung upaya Pemerintah dalam menghambat penyebaran virus Corona serta melindungi pegawai atau karyawan, pengunjung maupun masyarakat di lingkungan Kawasan Pariwisata yang dikelola ITDC. Termasuk, melindungi mereka dari risiko-risiko yang mengancam kesehatan. Kami juga meminta para pengunjung di dalam kawasan dan masyarakat sekitar kawasan untuk secara tertib menerapkan social distancing yang dapat membantu menghindarkan kita dari paparan virus,” terang Direktur Konstruksi dan Operasi ITDC Ngurah Wirawan.

Lebih jauh ia menjelaskan, di lingkungan kerja, ITDC telah melakukan sejumlah sosialisasi terkait Covid-19 dan cara pencegahannya kepada karyawan dan menyusun protokol pencegahan dan penanganan kasus jika terjadi. ITDV juga menyediakan hand sanitizer yang dapat diakses setiap saat oleh karyawan, melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan kantor, serta menerapkan kebijakan Work from Home dalam satu minggu sejak 16 Maret 2020, di ketiga kantor wilayah ITDC, yaitu di Jakarta, The Nusa Dua, dan The Mandalika.

Sementara itu, di lingkungan eksternal, ITDC secara kontinu melakukan sosialisasi pencegahan melalui media luar ruang seperti banner dan spanduk yang dipasang di area-area publik di dalam kawasan The Nusa Dua dan The Mandalika, serta melalui media sosial perusahaan.

Selanjutnya, di dalam kawasan wisata, ITDC telah secara proaktif melakukan program pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menyiapkan hand sanitizer di sejumlah lokasi fasilitas umum, serta melakukan penyemprotan disinfektan di area publik dan fasilitas umum, seperti di pintu masuk, toilet dan common area, dan kawasan Bali Collection di The Nusa Dua, serta Balawista, beach facility di Kuta Beach Park, dan Masjid Nurul Bilad di The Mandalika.

"Kami juga telah menyiapkan protokol penanganan tamu yang berkunjung ke kantor ITDC di dalam kawasan dengan mewajibkan pemeriksaan suhu tubuh bagi setiap tamu dan cuci tangan sebelum memasuki lokasi kantor," ucapnya.

Langkah lainnya, ITDC juga telah mengeluarkan surat edaran yang menghimbau tenant di dalam kawasan The Nusa Dua dan The Mandalika untuk melakukan kegiatan preventif seperti pemeriksaan suhu tubuh para pengunjung yang datang ke hotel/restoran/tempat usaha lainnya, membagikan masker kepada para tamu atau pengunjung yang berkunjung, menyediakan hand sanitizers di beberapa lokasi yang mudah dijangkau untuk umum, serta mengadakan sosialisasi dan penyuluhan terkait pencegahan Covid–19 di lingkungan kerja masing-masing.

"Kami juga mendorong tenant untuk melaksanakan kegiatan kebersihan secara rutin didalam bangunan/lingkungan hotel/restoran/tempat usaha lainnya, menyiapkan Crisis Center sebagai tempat pengaduan pengunjung/tamu jika diiindikasi ada gejala di luar kondisi normal, melakukan mitigasi jika ada suspect dan membawa ke rumah sakit terdekat, serta melakukan monitoring berkala dengan pihak terkait seperti Dinas Kesehatan dan rumah sakit," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)