Perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan PT Foodenesia Abadi (ASAFoods) secara resmi mengumunkan kerja sama-nya dengan Mitsui Global Investment (Mitsui), anak perusahaan Mitsui & Co. Ltd Jepang sebagai mitra strategisnya di Indonesia. Kerja sama ini ditandai dengan investasi yang ditanamkan oleh Mitsui serta menggandeng PT. Danareksa Capital sebagai co-investor dalam bentuk kepemilikan saham sebesar 19% di Asafoods.

Investasi yang diterima ASAfoods dari Mitsui dan Danareksa akan dimanfaatkan untuk membeli mesin-mesin sebagai peralatan pendukung produksi dan meningkatkan pasokan bagi klien.

Dikatakan oleh Presiden Direktur dan CEO ASAFoods, Andreas Sutanto berdasarkan data APEBI (Asosiasi Pengusaha Bakery Indonesia), keberadaan kerjasama ini karena melihat pasar roti dan kue di Indonesia tumbuh secara pesat. Berdasarkan data pada tahun 2011 market size sektor ini mencapai Rp 27 triliun dengan pertumbuhan sebesar 15%, bahkan di tahun 2012 kemarin telah mencapai Rp 31 triliun dimana kontribusinya berasal industri roti sekitar 64% dan sisanya dari industri kue.

Melalui kerjasama ini, ASAfood menargetkan untuk memenuhi permintaan dalam negeri dan mulai melakukan ekspor secara bertahap. “Kami tidak akan berlebihan dalam menetapkan target untuk menguasai pasar roti nasional. Tahun ini (2013) kami proyeksikan revenue sebesar Rp 96 miliar dan kami berharap dalam 4 tahun telah bisa go public,” jelas Andreas.

Kerja sama yang dilakukan oleh Asafoods dan Mitsui ini tidak hanya dalam bentuk investasi dana, tetapi juga dirancang untuk dapat memberikan nilai tambah bagi manajemen yang lebih modern dan fokus dalam pengembangan produk serta peningkatan kualitas produk-produk ASAFoods.

“Investasi yang kami terima dari Mitsui dan Danareksa ini akan dimanfaatkan untuk membeli mesin-mesin sebagai peralatan pendukung produksi dan meningkatkan pasokan bagi klien,” katanya.

Ia juga mengungkapkan, kerja sama ASAfoods dengan mitra strategis ini didorong oleh fakta semakin meningkatnya kelas menengah dan stabilnya ekonomi Indonesia yang mendorong bertambahnya permintaan produk roti.

“Mitsui Global Investment tertarik untuk berinvestasi dan memilih Asafoods sebagai mitra usahanya dengan pertimbangan bahwa manajemen ASAfoods telah berpengalaman lebih dari 17 tahun serta standar dan kualitas tinggi dan keamanan dari semua produk-produk yang dihasilkan oleh ASAfoods,” pungkas Andreas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)