MIX.co.id - Tren belanja online yang meningkat pada periode Ramadan sehingga penting strategi pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan serta perilaku konsumen pada festive season ini. Menurut Indah Khaerani, Account Manager Omeoo, storytelling yang kuat dapat membantu UKM membangun koneksi lebih erat dengan pelanggan pada Ramadan. Dengan memanfaatkan platform Instagram, TikTok, dan WhatsApp Business, UKM bisa menciptakan konten visual yang menarik dan interaktif guna meningkatkan engagement, katanya.

Rani, demikian Indah disapa, juga membahas bagaimana fitur-fitur Ramadan yang disediakan oleh berbagai platform digital yang dapat digunakan untuk menjangkau target pasar lebih efektif, termasuk penggunaan snackable video yang lebih menarik bagi audiens.
Rani berbicara pada SAMA Business Talk, acara yang mempertemukan para pelaku usaha, professional, dan komunitas bisnis dalam diskusi interaktif mengenai strategi bisnis yang efektif selama Ramadan. Business Talk ini mengusung tema “Ramadan Connect: Jalin Silaturahmi, Perkuat Bisnis di Bulan Berkah.”
Acara ini menghadirkan berbagai wawasan terkait pemasaran digital, branding, dan pemanfaatan teknologi komunikasi untuk meningkatkan daya saing bisnis di era digital. Acara yang berlangsung pada Kamis, 27 Februari 2025 secara online ini terselenggara berkat dukungan Trainer UKM Indonesia dan MIX Marcomm.
Pada sesi berikutnya, Indra Jaya, CEO Krona, membahas pentingnya jingle sebagai alat branding yang efektif. Ia menyoroti bagaimana elemen audio dapat memperkuat identitas brand serta menciptakan daya ingat yang kuat di benak pelanggan.
Indra memaparkan berbagai contoh sukses brand yang telah mengoptimalkan jingle dalam strategi komunikasi mereka. Ia menjelaskan bahwa UKM dapat menggunakan jingle untuk membangun koneksi emosional dengan pelanggan dan meningkatkan pengalaman merek. Selain itu, ia membagikan strategi dalam menentukan melodi serta lirik yang sesuai dengan identitas brand dan cara mendistribusikannya melalui YouTube, TikTok, dan Instagram Reels agar dapat menjangkau audiens lebih luas.
Optimalisasi WhatsApp Business API...