Marak Indomieyakie dan Onigiri Indomie Viral, Apa Untungnya bagi Indomie?

Setelah booming Es Kepal Milo--es serut dengan menggunakan bahan baku merek susu Milo--belakangan muncul dua kuliner baru, Indomiyakie dan Onigiri Indomie Viral. Keduanya adalah kuliner berbahan baku mie instant Indomie yang diolah dengan resep makanan ala Jepang.

Tak tanggung-tanggung, kedua pengelola kedua kuliner tersebut tampak massif mengundang pelaku usaha skala kecil  untuk bermitra bisnis Indomieyakie ataupun Onigiri Indomie Viral melalui akun media sosial keduanya, antara lain melalui Instagram.

Paket Usaha Indomieyakie misalnya, dimulai dari Rp 2,95 juta. Melalui paket itu, pengelola Indomieyakie, yakni Rocket Food Indonesia, menawarkan bahan baku, peralatan jualan di antaranya booth untuk berdagang, hingga keuntungan sepenuhnya untuk mitra--alias tanpa bagi hasil maupun royalty.

Sementara itu, untuk Onigiri Indomie Viral, pengelola menawarkan sejumlah paket kemitraan dengan berbagai keuntungan. Sebut saja, Paket Rumah Onigiri dengan harga Rp 3,35 juta, Paket Agen Onigiri Rp 3,85 juta, Paket Pabrik Onigiri Rp 4,85 juta, dan Paket Mafia Onigiri Viral.

Bagi brand,  inisiatif bisnis Indomieyakie dan Onigiri Indomie Viral boleh jadi menjadi hal yang menguntungkan. Di tengah lesunya industri mie instant--merujuk data Nielsen pada kuartal pertama 2019, kategori Mie Instant turun 2% berdasarkan value dan 5% berdasarkan volume--maka hadirnya Indomieyakie dan Onigiri Indomie Viral berpotensi meningkatkan konsumsi maupun penjualan merek Indomie.

Tak hanya itu, melalui berbagai kemasan dan booth mini sebagai alat penjualan Indomieyakie dan Onigiri Indomie Viral, maka branding dan publisitas Indomie makin menguat. Terutama, di sejumlah daerah yang penetrasi merek Indomie-nya  masih rendah. Mengapa? Lantaran, Indomieyakie dan Onigiri Indomie Viral berusaha merangsek ke daerah-daerah di Indonesia.

Lantas, apakah inisiatif bisnis Indomieyakie dan Onigiri Indomie Viral datang dari Indofood selaku produsen sekaligus pemilik merek Indomie? Novi Arlaida, Head of Corporate Public Relations Indofood, melalui pesan singkat, mengatakan bahwa Noodle Division Indofood tidak mengelola keduanya. Bahkan, Indofood juga tidak memiliki kerja sama dengan keduanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)