Mayapada Hospital Menjadi Vaksinator bagi Lansia, Guru, dan Pelaku UMKM

Bertempat di Kota Kasablanka, Gandaria City Mall, dan Plaza Blok M, pelaksanaan vaksinasi dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat

Mayapada Healthcare, lewat unitnya Mayapada Hospital ditunjuk sebagai vaksinator oleh Pakuwon Group dan Prudential Indonesia. Sasaran vaksinasi tahap 2 pada program vaksinasi ini adalah para lansia, para guru dan pelaku UMKM. Vaksinasi yang merupakan program pemerintah ini dimaksudkan mewujudkan layanan publik yang aman serta mempercepat penanganan Covid-19 di Indonesia, khususnya di DKI Jakarta, Untuk itu Mayapada Hospital lewat semua unitnya yaitu Mayapada Hospital Tangerang, Mayapada Hospital Jakarta Selatan, Mayapada Hospital Kuningan, dan Mayapada Hospital Bogor, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pemda DKI Jakarta dan puskesmas kecamatan setempat siap mendukung menjadi vaksinator.

Pakuwon group menargetkan 1.300 lansia per hari dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Vaksinasi berlangsung sejak 19 April secara serempak dan dari jam 09.00-15.00 WIB. Lokasi Vaksinasi di Kota Kasablanka, Gandaria City Mall, serta Plaza Blok M dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sementara itu, Prudential Indonesia akan melakukan vaksinasi di area kantor Prudential Indonesia, PRUUniversity, di lantai 2 Mall Kota Kasablanka. Vaksinasi ini melayani lebih dari 45.000 orang sepanjang April-Desember 2021.

Proses vaksinasi dan observasi mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Para lansia dan guru yang akan divaksin wajib membawa kartu identitas, surat keterangan berdomisili di Jakarta. Sedangkan pelaku UMKM bisa membawa kartu identitas untuk disesuaikan dengan daftar yang disediakan Dinas Kesehatan. Syarat utama lainnya yaitu sehat dan tidak sedang dalam pengobatan apa pun. Para calon penerima vaksinasi menjalani pemeriksaan medis singkat melalui wawancara (anamnesa), lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik (tensi, nadi, suhu) sebelum disuntik vaksin. Setelah divaksin, peserta diobservasi selama 30 menit untuk melihat efek samping atau KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). Selama proses vaksin pertama dan yang kedua, diharapkan tetap menjalani protokol kesehatan 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas).

Jonathan Tahir, Group CEO Mayapada Healthcare, mengaku senang dapat mendukung pemerintah dalam mempercepat program vaksinasi Covid-19 dan menjadi mitra yang ditunjuk sebagai vaksinator bagi Pakuwon Group dengan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta. “Tidak hanya berfokus pada vaksinator bagi para lansia, kami juga terbuka untuk membantu pemberian vaksinasi sesuai sasaran yang telah ditentukan pemerintah sebelumnya, baik di area DKI Jakarta maupun bantuan yang dibutuhkan untuk daerah luar Jakarta, seperti Bogor dan Tangerang,” ujar Jonathan.

“Kami berkomitmen selalu bersinergi dan membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan Covid-19 baik dalam Vaksinasi Program Pemerintah maupun Vaksinasi Mandiri/Gotong Royong ke depannya,“ lanjutnya.

Lusiana, Direktur Kota Kasablanka yang mewakili Pakuwon Group Jakarta, menegaskan komitmen Pakuwon Group Jakarta untuk terus berpartisipasi dalam kebijakan positif untuk masyarakat didasari oleh semangat tanggung jawab sosial sebagai bagian dari budaya kerja perusahaan.

“Menyadari dan memahami urgensi pemberian vaksin kepada masyakarat, kami berharap kehadiran kegiatan vaksinasi di tiga mal dengan lokasi yang strategis di Gandaria City, Kota Kasablanka, dan Plaza Blok M ini dapat mempermudah dan meningkatkan minat masyarakat, khususnya lansia, UMKM, dan pelayan publik untuk mengikuti program vaksinasi,” ujarnya.

Sejak memasuki masa Normal Baru Mayapada Healthcare telah menjalankan berbagai langkah protokol kesehatan di semua unit Mayapada Hospital. Di antaranya: pembatasan keluar masuk pintu utama, screening suhu tubuh dengan thermal, penyediaan hand sanitizer di beberapa titik area. Mayapada Hospital juga mewajibkan penggunaan masker untuk mendapatkan akses masuk serta menyiapkan table shield di area umum, menyiapkan alur terpisah untuk drive thru Pemeriksaan PCR Swab dan Swab test antigen untuk memudahkan masyarakat yang akan melakukan pemeriksaan, menyiapkan ruangan isolasi khusus yang terpisah dari area perawatan umum lainnya. Mayapada Hospital juga memastikan dapat secara cepat dan akurat memisahkan pasien suspek (ODP dan PDP) dengan pasien positif Covid-19.

Mendukung percepatan program pemberantasan Covid-19, Mayapada Healthcare membuka layanan pendaftaran vaksin Covid-19 bagi para lansia yang mempunyai KTP Jakarta atau berdomisili di Jakarta, melalui tautan https://bsl.mayapadahospital.com/vaccine yang tertera di dalam website Mayapada Hospital.■

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)