Memulihkan Logo Merah AirAsia Melalui Kampanye #togetherwestand

Masih ingat corporate color logo AirAsia yang berganti menjadi abu-abu, paska jatuhnya pesawat QZ8501? Ya, perubahan warna itu dilakukan demi menunjukkan rasa simpatik AirAsia kepada korban jatuhnya pesawat QZ 8501. AirAsia ingin menunjukkan bahwa mereka pun turut berduka.

logo merah air asia Kampanye #togetherwestand digunakan untuk mengembalikan corporate color sekaligus semangat tim AirAsia dengan melibatkan peran serta masyarakat.

Tentu saja, AirAsia tak ingin terus berduka. Guna mengembalikan kembali corporate color logonya yang merah menyala, AirAsia tidak langsung mengganti begitu saja. AirAsia memilih menggunakan program Public Relations (PR) yang simpatik, yang melibatkan partisipasi masyrakat, yakni melalui PR campaign sekaligus digital campaign “#togetherwestand.

Kampanye #togetherwestand sendiri pertama kali diluncurkan oleh AirAsia, sesaat setelah pesawat AirAsia QZ8501dinyatakan jatuh. Kampanye tersebut kembali digunakan untuk mengembalikan corporate color sekaligus semangat tim AirAsia dengan melibatkan peran serta masyarakat.

Dalam mengkomunikasikan kampanye #togetherwestand sekaligus mengundang partisipasi publik, AirAsia memanfaatkan newsletter yang dikirim via email ke seluruh pelanggannya. Newsletter tersebut berisi pesan meminta dukungan pelanggan agar AirAsia bisa dengan nyaman memerahkan kembali latarbelakang logonya.

“Setiap cinta dan dukungan yang Anda sampaikan dengan menyebutkan #togetherwestand dan @AirAsiaID akan membantu kami meraih semangat merah kami kembali,” demikian bunyi pesan newsletter AirAsia, yang juga tayang di website resmi AirAsia. Sejatinya, setiap tweet yang menyebut hashtag #togetherwestand akan mengubah setiap dot (titik) abu-abu pada logo AirAsia menjadi merah. Semakin banyak dukungan pada kampanye #togetherwestand, maka loga abu-abu AirAsia akan berganti wajah menjadi normal, merah.

Tak cukup dengan newsletter dan website, AirAsia yang dikenal sebagai maskapai penerbangan yang begitu akrab dengan digital, juga memanfaatkan social media untuk mengamplifikasi kampanye #togetherwestand. Antara lain, lewat akun resmi facebook, twitter, instagram, dan Youtube dengan kreatif yang berbeda-beda, namun dengan pesan kampanye yang sama.

Di akun Yutube-nya, AirAsia menyebar video simpatik #togetherwestand. Melalui Youtube, AirAsia menayangkan tiga kisah berbeda. Setiap video kampanye—yang sudah mulai tayang di Youtube pada 27 Februari lalu—selalu ditutup dengan sebuah pesan yang menggambarkan corporate value AirAsia.

Pada video pertama yang diberi label “#togetherwestand - AirAsia Stories 01 –Fueled by Passion”, AirAsia menghadirkan seorang teknisi pesawat perempuan. Di sana digambarkan bagaimana teknisi AirAsia memiliki dedikasi yang tinggi dalam melakukan tugasnya. “Passion, It’s drives us to be better and to be better every single day,” demikian pesan penutup dari kampanye video tersebut.

Selanjutnya, pada video “#togetherwestand – AirAsia Stories 02 – There for One Another”, AirAsia menghadirkan kisah seorang pilot yang juga memiliki dedikasi tinggi sekaligus melayani dengan hati. Cerita tersebut ditutup dengan pesan, “Going above and beyond, because it’s not just job, it’s really about the people.”

Pada video ketiga, “#togetherwestand – Air Asia Stories 03 – Ready to Help”, AirAsia menghadirkan kisah seorang Guest Service Agent yang telah bekerja hampir dua tahun di AirAsia. Di sana digambarkan bagaimana dengan sepenuh hati ia mampu melayani pelanggan AirAsia yang tengah mengalami kesulitan saat melakukan pembayaran airport tax. Video pun ditutup dengan pesan, “Being caring is to always serve from our heart. A smile a laugh or kind gesture a little bit goes a long way.”

Hasilnya, publik pun dengan sepenuh hati berbondong-bondong memviralkan kampanye simpatik #togetherwestand milik AirAsia. Hal itu ditandai dengan logo abu-abu AirAsia yang menandakan duka, akhirnya berubah kembali menjadi normal, merah. Bahkan, hingga tanggal 2 Maret—tiga hari paska penayangan—jumlah subscribe video YouTube sudah tembus lebih dari 9 ribuan.

Dewi ‘Dee’ Lestari lewat akun @deelestari misalnya, pada tanggal 14 Februari memposting tweet “Di hari special ini, sebarkan kasih dan semangat merahmu dengan berikan satu tweetmu buar @AirAsiaID dengan hashtag @togetherwestand.”

Berikutnya, pada 20 Februari, ia kembali men-tweet, “#togetherwestand kami berhasil memberikan semangat baru bagi @AirAsiaID. Welcome back RED! ” dengan menyertakan gambar full logo AirAsia yang sudah berwarna merah.

Sementara itu, akun @FitriyanYusbar pada 20 Februari lalu berkicau, “@AirAsia my first flight is you. You made my dream come true with you red. I miss you red  #togetherwestand.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)