Menciptakan brand engagement melalui event yang mengundang keramaian publik menjadi salah satu strategi yang kerap dipilih para pemasar. Terbukti, hampir semua event yang mendatangkan ratusan bahkan ribuan orang, selalu padat sponsor. Tengok saja, event lari yang hingga saat ini masih menjadi tren di kawasan urban Indonesia. Tak sedikit brand hadir di sana untuk memanfaatkan lari--baik berskala lokal, nasional, maupun internasional--untuk kepentingan branding.
Wings Food, sebagai perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) ternama di Indonesia, juga memilih event lari sebagai salah satu channel komunikasi dan marketing produk-produk mereka. Paling anyar, Wings Food memilih event lari berskala internasional "Toraja Marathon 2016" yang digelar pada 13 Agustus ini, untuk mengenalkan produk barunya, minuman isotonik ISOPLUS.
Sebagai brand yang baru saja soft launching di Juni 2016, diungkapkan Head of Marketing Public Relations Wings Group Gabriella da Silva, "Kami menggunakan event lari internasional Toraja Maraton 2016 sebagai salah satu langkah awal untuk hadir dan menciptakan brand experience dengan masyarakat Indonesia."
Diakui Gabriella, selama ini Wings Food, khususnya produk beverages, belum pernah menggelar aktivasi di wilayah Indonesia Timur. Artinya, selama ini aktivasi merek masih terkonsentrasi di area Pulau Jawa. Oleh karena itu, Wings Food memulai debut perdana aktivasinya di Indonesia Timut lewat merek ISOPLUS.
ISOPLUS yang dibandrol dengan harga Rp 3.000 per botolnya, dikatakannya, saat ini masih pada tahap soft launching. Selain mensponsori event "Toraja Marathon 2016", pada tahap soft launching, Wings Food sudah memulainya dengan iklan TV commercial ISOPLUS dan pemerataan distribusi ke seluruh Indonesia. "Rencananya, grand launching baru akan dilakukan pada akhir Agustus ini," ia menegaskan.
Sebagai minuman yang mengusung added value berupa kandungan 7 ion yang diperlukan oleh tubuh--yakni Kalsium, Natrium, Magnesium, Kalium, Laktat, Sitrat, dan Klorida--dikatakan Gabriella, ISOPLUS dapat menjadi minuman yang cocok untuk para runner yang mengikuti Toraja Marathon 2016. "Itu adalah adalah salah satu alasan mengapa ISOPLUS mensponsori event Toraja Marathon 2016," jelasnya.
Lantas, apa saja aktivasi yang dilakukan ISOPLUS di Toraja Marathon 2016? pada event Toraja Marathon 2016 yang dihadiri 600 pelari dari Indonesia maupun asing itu, ISOPLUS memberikan dukungan berupa memasok produk ISOPLUS di setiap titik water station serta area even lari. "Selain itu, Wings Food juga membuka booth ISOPLUS di area Toraja Marathon untuk memperkenalkan ISOPLUS kepada para pengunjung," tambah Gabriella.
Bahkan, ISOPLUS juga membantu mempublikasikan event lari internasional tersebut, antara lain dengan mengajak sejumlah media untuk meliput Toraja Marathon 2016. Termasuk, mengajak mereka untuk mengunjungi sejumlah objek wisata di Toraja, yang juga akan dijadikan lintasan lari. "Langkah tersebut sebagai bentuk dukungan kami untuk memajukan pariwisata di Indonesia, dalam hal ini Toraja yang notabene memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat unik," paparnya.
Menurut Gabriella, yang unik dari Toraja Marathon 2016 dibandingkan event lari lainnya adalah experience yang dihadirkan di sepanjang lintasan lari yang dilalui. Ya, sepanjang rute atau lintasan lari, para runner atau pelari dapat menjumpai lembah hijau, bebatuan granit, hamparan sawah, sungai yang membelah perbukitan, perkebunan kopi rakyat, pemakaman kuno, hingga jejeran rumah adat khas Toraja--Tongkonan. Makin menarik, para penduduk Toraja di dua kabupaten--Tana Toraja dan Toraja Utara--juga menyambut sekaligus memberi semangat melalui tampilan kesenian musik maupun budaya khas Toraja.
Keunikan yang ditawarkan Toraja Marathon 2016 tersebut tentu saja tak dilewatkan para pelari. Mereka turut berselfie ria untuk mengabadikan momen lari mereka di tengah keindahan alam dan budaya Toraja. Selanjutnya, momen tersebut mereka share di akun social media mereka,yang berpeluang menciptakan viral.
Ke depannya, lanjut Gabriella, tidak hanya event lari yang akan ISOPLUS gandeng untuk membangun brand experience dan kedekatan dengan konsumen. "Namun, kami juga akan menggandeng sekaligus mendukung berbagai kegiatan berkonsep urban lifestyle yang berbasis komunitas. Contohnya, yoga, muathai, dan sebagainya. Lantaran, ISOPLUS menyasar segmen urban lifestyle, usia 15 tahun ke tahun ke atas, dengan SES A, B, dan C," tutupnya.