Nameera Kampanyekan “Cantiknya Fitrah”

Gerakan berhijrah kini tengah menjadi tren di Indonesia. Setelah sebelumnya ditandai dengan terus bertumbuhnya komunitas hijabers, kegiatan Hijrah Fest yang dimotori oleh para selebritis Tanah Air, pada 9-11 November 2018 lalu, juga mendapat antusiasme yang tinggi. Tak kurang dari 25 ribu orang hadir di sana.

Tak berhenti di sana, gerakan berhijrah juga ditandai dengan tingginya kesadaran masyarakat Indonesia untuk mengkonsumsi produk-produk halal. Merujuk data Kementerian Perindustrian, permintaan terhadap kosmetik halal meningkat secara signifikan di tahun 2018. Hal itu mendorong pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia naik 7,35% pada kuartal pertama (Q1) 2018.

Unilever Indonesia, salah satu raksasa Fast Moving Consumer Goods (FMCG) di Indonesia, melihat hal itu sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Jumlah populasi muslimah berhijab di Indonesia yang kini mencapai 61%, tentu menjadi pasar yang seksi. Untuk itu, pada tahun ini, Unilever resmi meluncurkan Nameera Aquatic Botanical, produk perawatan kulit pertama di Indonesia yang menggunakan formula HydRadiance™ dan bahan-bahan natural.

Produk skincare halal itu dapat mengembalikan kemurnian dan kesehatan kulit wajah wanita dengan kombinasi Purity of Water (pemurnian air) dan ekstrak bunga teratai. Nama ‘Nameera’ sendiri memiliki arti ‘air murni yang penuh manfaat’. “Nameera Aquatic Botanical merupakan solusi bagi wanita muslimah modern di Indonesia yang mendambakan inovasi skincare natural dan halal,“ ungkap Ira Noviarti, Beauty & Personal Care Director PT Unilever Indonesia Tbk.

Untuk memperkenalkan produk anyarnya itu, Unilever menggelar kampanye “Cantiknya Fitrah”. Melalui kampanye itu, Nameera mempromosikan gaya hidup penampilan wanita yang modis, bersahaja, dan sesuai dengan nilai-nilai Islam yang baik.

Guna menjalankan kampanye itu, Unilever menunjuk digital agensi Maleo yang berhasil menyisihkan kompetitor dari agensi periklanan multinasional. "Proposal ide kampanye Maleo berhasil menjawab kebutuhan Nameera Aquatic Botanical," jelas Fiona Anjani Foebe, GM Innovation - Personal Care dari PT Unilever Indonesia Tbk.

Selanjutnya, Maleo menjalankan kampanye tersebut di media sosial untuk menginspirasi jutaan wanita Muslimah di Indonesia ager menjadi diri sendiri yang authentic dan menemukan kecantikan fitrah yang sesungguhnya.

"Kampanye ini berhasil menunjukkan empati pada ketegangan sosial yang terjadi pada kaum wanita muslimah yang dilayani oleh brand. Maleo juga berhasil menciptakan ekspresi yang akurat dan indah untuk segmen yang spesifik. Kami berharap kampanye ini dapat diterima dengan baik di pasar, dan memberikan perspektif baru dan segar di industri kecantikan," jelas Fiona.

Pada kesempatan itu, Unilever juga memperkenalkan aktris Laudya Cynthia Bella sebagai duta Nameera Aquatic Botanical. Ia dinilai mampu merepresentasikan penampilan cantik, sopan, dan percaya diri, tanpa pulasan kosmetik berlebihan.

Peluncuran dan kampanye yang dijalankan oleh Nameera Aquatic Botanical juga mendapatkan respons yang positif dari Hijabers Community di Indonesia. “Ini merupakan angin segar bagi para muslimah berhijab di Indonesia, dimana mereka bisa menjadi wanita modern yang tampil cantik, namun tidak perlu menggunakan hijab atau make-up yang berlebihan. Justru hal-hal yang terlalu mencolok pada dasarnya tidak sesuai dengan fitrah yang dianjurkan Islam,” pungkas Putri Dwi Andari, Ketua Hijabers Community.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)