MIX.co.id - Setelah dihadirkan secara virtual, tahun ini PT Pamerindo Indonesia akan kembali menggelar pameran Food & Hotel Indonesia (FHI) secara offline di Jakarta International Expo (JIEXPO), pada 26 - 29 Juli 2022 mendatang. Melalui FHI edisi ke-16 di tahun ini, Pamerindo Indonesia mengajak para pelaku bisnis nasional untuk bersinergi secara global melalui pameran dagang internasional produk supply perhotelan (Hospitality) serta makanan dan minuman (food & beverages atau F&B) terdepan di Indonesia.


Pameran dua tahunan yang sudah berjalan selama 28 tahun ini menjadi bukti komitmen jangka panjang dari Pamerindo Indonesia dalam mendukung akselerasi pertumbuhan industri perhotelan dan F&B yang berkelanjutan di Indonesia.

Selama ini, FHI menjadi pameran dagang internasional yang dapat meningkatkan akses pasar global dan mendorong pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi. Industri F&B sendiri telah menjadi salah satu indutri yang tetap tumbuh di masa pandemi global Covid-19. Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2021 menunjukkan bahwa pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) industri ini mencapai 2,54%, yang tercatat lebih baik dari tahun sebelumnya yang hanya mencatat pertumbuhan 1,58%.

FHI 2022 diselenggarakan bersama dengan ajang Hotelex Indonesia dan Speciality Food Indonesia serta turut bergabung Retail Indonesia. Pelaksanaan yang bersamaan menjadikan FHI kali ini sebagai pameran dagang produk supply perhotelan dan F&B terbesar di Indonesia. Memberikan akses global bagi customer ke lebih dari 140 perusahaan manufaktur, distributor, dan retail unggulan dari 12 negara peserta pameran, FHI 2022 diharapakan dapat mewadahi lebih banyak pelaku usaha industri perhotelan dan F&B untuk menjalin bisnis yang berkelanjutan.

Dituturkan Juanita Soerakoesoemah, Event Director FHI, akan ada beragam perusahaan internasional yang bergabung dalam FHI 2022. Artinya, FHI memberikan kesempatan bagi pelaku bisnis perhotelan dan F&B nasional untuk dapat melakukan akselerasi pertumbuhan bisnis melalui pengembangan pasar secara global.

“FHI telah menjadi pelopor bagi perusahaan yang ingin memperluas jangkauan pasar global hingga melintasi perbatasan dunia melalui penyediaan akses jejaring ke produsen, supplier, dan distributor unggulan di bidang perhotelan dan F&B. FHI juga memberikan kesempatan bagi perusahaan internasional untuk dapat memasuki pasar perhotelan dan F&B Indonesia yang berkembang pesat dan menguntungkan,” paparnya.

FHI juga tetap menghadirkan program Business Matching agar para customer dapat melakukan pertemuan dan menjalin hubungan bisnis dengan perusahaan peserta pameran secara private. “Program ini dapat memfasilitasi customer menciptakan jejaring bisnis sambil berkesempatan untuk belajar dari para professionals dan pemain terbaik di industri ini,” lanjutnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, tahun ini FHI juga kembali menghadirkan acara menarik seperti Culinary Talks (Cooking Masterclass, Food Talks, and Food & Beyond) oleh Associations of Culinary Professional (ACP); Indonesia Coffee Event oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) yang akan menggelar Indonesia Barista Championship dan Indonesia Brewing Cup Championship untuk mencari wakil Indonesia berkompetisi di ajang World Coffee Event; Wine Masterclass & Training oleh Indonesia Sommelier Association (ISA) chapter Jakarta; Pastry and Baking Challenge oleh Indonesia Pastry Alliance (IPA); dan Gelato Workshop & Class oleh Espresso Italia.

FHI juga dihadirkan untuk mendukung terwujudnya peta jalan Making Indonesia 4.0 di tahun 2030 melalui pengembangan sektor industri F&B yang mampu berkontribusi secara konsisten dan signifikan terhadap PDB industri nonmigas nasional. Oleh karena itu, pada FHI 2022, dihadirkan jgua FHI Digital Showroom, sebuah katalog penyedia produk F&B dan Perhotelan berbasis digital yang didukung oleh Saladplate. Fasilitas etalase produk berbasis online ini memberikan akses 24/7 yang dapat membuka peluang bagi perusahaan dan pelaku bisnis dalam memperluas pasar secara global. Tahun 2021 lalu, FHI pun telah berhasil memfasilitasi 160 pertemuan bisnis dan terjalinnya 1.725 kontak relasi dari penyelenggaraan FHI VirtualHub secara online.

“PT Pamerindo Indonesia sebagai bagian dari Informa Markets menghadirkan FHI sebagai sustainable event yang berfokus pada tiga tujuan utama, yaitu memberikan inspirasi pengembangan sustainability dalam mencapai tujuan bisnis, bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup, dan bertanggung jawab secara sosial di semua kegiatan acara yang dijalankan. Untuk itu, selama FHI 2022 diupayakan tindakan yang dapat menjaga keberlanjutan bagi lingkungan antara lain penghematan energi melalui penggunaan listrik yang terbarukan, pengurangan penggunaan kertas, serta penggunaan produk yang berbahan dasar ramah lingkungan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)