Pentingkah Komunitas Fans Base Bagi Brand?

Pentingnya komunitas berbasis penggemar (fans base) di era digital sudah tidak bisa ditampik sebagai bagian dari kebutuhan brand untuk bisa diterima oleh pasar. Layaknya sebuah grup band atau bintang film, brand seperti Xiaomi juga memiliki fans base yang bernama Mifans. Bahkan, dalam peluncuran produk terbaru Xiaomi Mi 4i di Jakarta, pada Selasa (19/5), kehadiran mereka dominan terlihat untuk turut menyemarakkan acara.

Xiaomi Xiaomi bersama fans base-nya, Mifans

Namun, bagi Vice President Xiaomi Global Hugo Barra, kegunaan Mifans bukan hanya sebagai penggembira saja. Menurutnya, nilai tambahnya adalah mereka dapat membantu membangun awareness kepada konsumen lain sekaligus menjadi evangelist di social media dan digital. “Baik melalui review yang mereka tulis dan buat ataupun ketika ada respon negative tentang Xiaomi maka mereka dengan senang hati akan turut melindungi brand.”

Bahkan menurut Hugo, viral para Mifans jauh terasa nyata dan natural untuk menjadi sebuah referensi bagi konsumen. “Mereka adalah bagian dari keluarga besar Xiaomi yang nyata memberikan dukungan, dan jika dilihat peran mereka di social media untuk turut mengedukasi pasar tentang Xiaomi sangatlah besar. Terutama ketika ada produk baru yang diluncurkan,” sebut Hugo.

Fanatisme dari Mifans pun jelas tergambar dari peluncuran Mi 4i di Indonesia. Peluncuran ponsel pintar Xiaomi Mi 4i rupanya sudah banyak ditunggu para penggemar perangkat produksi Tiongkok itu. Jelang peluncuran resminya di Indonesia, ratusan Mifans dari seluruh Indonesia sudah memadati area The Lounge, Plaza Senayan, Jakarta. Begitu acara peluncuran dimulai, saat Vice President Xiaomi Global, Hugo Barra mulai naik panggung untuk memberikan presentasi mengenaik produk, para Mifans pun bersorak antusias.

Mereka mengenakan topeng bergambar wajah Hugo dan membawa poster-poster bertuliskan Xiaomi Geeks Indonesia. “Banyak Hugo di sini hari ini,” teriak salah seorang Mifans. Sementara itu, Hugo mengatakan dirinya tak menyangka dengan sambutan meriah para Mifans Indonesia tersebut. “Ini tidak direncanakan sebelumnya. Keren. Setelah ini, tak akan ada lagi event Xiaomi tanpa Mifans,” ucap Hugo yang sempat menjadi Vice President Google divisi Android.

Bahkan, Hugo pun sempat mengambil gambar para mifans yang berdiri di depan panggung dengan ponselnya. Hugo juga menyempatkan berfoto bersama para mifans di saat melakukan presentasinya. Tindakan yang dilakukan Hugo tersebut juga sebagai bentuk brand experience terhadap berbagai fitur Mi 4i. “Saya gunakan juga fitur kamera yang memiliki kualitas gambar sangat baik karena kami bekerjasaa dengan Sony dan Samsung untuk menghasilkan kamera terbaik untuk Mi 4i,” jelasnya.

Xiaomi Mi 4i memang sangat ditunggu di Indonesia, sebelumnya produk ini resmi diperkenalkan secara global di New Delhi, India, pertengahan April 2015. “Mi 4i akhirnya datang ke Indonesia, kalian mau lihat?” teriak Hugo dalam peluncuran Mi 4i. Meski hadir dengan harga terjangkau, ponsel pintar berlayar lebar itu dikatakan sebagai flagship atau unggulan karena tetap mempertahankan spesifikasi tinggi di kelasnya yakni middle dan premium segmen. Xiaomi Mi 4i dibanderol dengan harga Rp2.799.000.

Di sisi spesifikasi dan disain, Xiaomi Mi 4i menggunakan bahan plastik polikarbonat dengan lima warna: biru, pink, kuning, hitam dan putih. Dilengkapi dengan anti-grease, bodi belakang perangkat bisa langsung dilap jika terkena noda, jika noda tak bisa hilang juga, pengguna bisa menggosoknya dengan penghapus.

Dari sisi tampilan, Xiaomi Mi 4i hadir dengan layar sentuh berukuran 5 inci, tebal 78 milimeter, dan berat 130 gram. Menurut Hugo, dibandingkan iPhone 6, Xiaomi diklaim lebih pas di tangan karena memiliki layar 10 persen lebih lebar dibandingkan iPhone yang 4,7 inci. Mi 4i juga tercatat tujuh persen lebih tinggi ukurannya dibanding iPhone 6. Xiaomi Mi 4i diklaim memiliki daya tahan baterai paling tangguh di kelasnya yakni 3120 mAH atau setara dengan 1,5 hari penggunaan reguler.

Penggunaan daya baterai yang besar itu diklaim tak akan mengurangi kecepatan kerja ponsel karena perangkat telah didukung teknologi yang canggih salah satunya adalah kemampuan isi ulang baterai yang cepat. Sementara itu, Fitur Quick Charge disebut bisa mengisi 40 persen daya dalam satu jam dan 100 persen hanya tiga jam.

Penampilan layar Xiaomi Mi 4i mendukung resolusi Full HD 1.920 x 1.080 piksel berteknologi panel IPS (In-Plane Switching) dengan kerapatan hingga 441 piksel per inci. Layar sepenuhnya dilindungi dengan layar OGS Corning Concore yang diklaim memiliki kualitas setara Gorilla Glass 3.

Layar juga dilengkapi dengan teknologi all-new Sunlight Display, yang memungkinkan pengambilan gambar maksimal di tempat yang bercahaya kurang atau lebih. Selain itu, teknologi tersebut juga memungkinkan layar Mi 4i tetap tampil cerah meski terkena paparan sinar matahari. Xiaomi Mi 4i dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi 13 megapiksel autofokus yang didukung oleh LED flash. Selain itu, untuk foto selfie atau video call, perangkat tersebut dilengkapi kamera depan berkekuatan 5 megapiksel. Untuk performa yang lebih cepat, ditanamkan prosesor generasi kedua Qualcomm Snapdragon 615 octa core yang mendukung 64-bit.

Mi 4i mempunyai RAM 2 GB dan internal memori 16GB. Ponsel juga dilengkapi dengan slot 4G dual SIM. Untuk pertama kalinya, Mi 4i dilengkapi dengan antarmuka MIUI 6 berbasis Android 5.0 Lollipop, sistem operasi versi terbaru dari Google. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)