Perlu Digitalisi Layanan Bandara di Era Next Normal

Penetrasi digital di masa pandemi begitu masif, sehingga tak heran jika konsumen menuntut perusahaan untuk segera melakukan digitalisasi layanan termasuk di bandara. Dari hasil riset yang dilakukan oleh Inventure, konsumen menginginkan adanya digitalisasi consumer journey penumpang pesawat mulai dari memesan tiket hingga pengecekan paspor dan visa.

Sebanyak 49,4% responden akan lebih banyak memesan tiket via online, 42,9% responden memilih melakukan chek-in secara digital dan 43,2% responden lebih memilih melakukan pengecekan paspor dan visa secara digital. "Bagi para pengelola bandara, pilihannya cuma satu: go digital or die!" ujar Yuswohady, Managing Partner Inventure di acara virtual Indonesia Industry Outlook 2021 yang diadakan 4-6 November 2020 di Jakarta.

Tak hanya digitalisasi layanan, penerapan protokol kesehatan di lingkungan bandara dan pesawat juga sangat butuhkan konsumen di masa next normal. Dari hasil studi, 62,9% responden mengaku layanan dan fasilitas contactless yang diterapkan oleh maskapai penerbangan sangat penting, konsumen bahkan rela untuk membayar mahal untuk mendapatkan jaminan keamanan dari maskapai penerbangan. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)