Platform Pemasaran Terpadu, Kunci Sukses Bisnis di Fase Endemik

MIX.co.id – Indonesia bersiap memasuki fase endemik. Pada fase ini konsumen kembali berbelanja ke ritel secara offline, di samping belanja secara online. Konsumen mencari informasi secara ekstensif dan membandingkan harga offline dan online sebelum memutuskan membeli.

Menyadari kondisi tersebut, penting bagi perusahaan bisnis atau pemilik brand (brand owner) memiliki platform pemasaran terpadu yang melibatkan pelanggan di berbagai titik kontak untuk membantu memberikan lebih banyak peluang untuk terlibat dan berkonversi di toko fisik maupun online.

Hal itu disampaikan Gibu Matthew, Vice President & General Manager APAC, Zoho Corp, menanggapi bagaimana bisnis mempersiapkan diri memasuki fase endemik kepada media, Rabu (15/6), di Jakarta.

Dipaparkan, platform pemasaran terpadu memungkinkan pemangku kepentingan berkoordinasi serta berkolaborasi pada aktivitas pemasaran di berbagai saluran guna memaksimalkan jangkauan; menciptakan pengalaman brand yang lebih konsisten dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan di setiap perjalanan konsumen.

Platform pemasaran terpadu menampilkan gambaran semua aktivitas pemasaran dalam tampilan tunggal dan kolaboratif. Teknologi ini memungkinkan berbagi informasi bisnis penting, mempercepat aliran data-to-action untuk kampanye yang lebih efektif, serta mampu melibatkan semua titik kontak pelanggan di seluruh perjalanan konsumen.

“Hal ini memberi kesempatan kepada brand untuk mengantisipasi dan menyiapkan kebutuhan pelanggan serta memberikan pengalaman yang terpersonalisasi di seluruh kanal serta menciptakan pengalaman yang menyenangkan guna mengesankan pelanggan,” urai Gibu.

Platform pemasaran terpadu menyediakan berbagai keuntungan bagi perusahaan, terutama dengan menggabungkan semua aktivitas pemasaran dan data dalam satu tampilan, membuat kolaborasi di seluruh organisasi menjadi lebih baik.

Satu tampilan tunggal ini memungkinkan pemangku kepentingan merampingkan pengalaman brand di berbagai channel serta memastikan konsistensi kinerja yang lebih baik di seluruh organisasi.

Yang terpenting, katanya, platform pemasaran terpadu mampu menjembatani kesenjangan fungsi antara tim marketing dan sales. Dengan alat otomatisasi yang tepat, bisnis dapat menarik pengunjung ke situs web mereka, mengubah pengunjung anonim menjadi calon pelanggan, dan pada akhirnya mengubah mereka menjadi pelanggan setia.

Untuk membantu mengatasi tantangan bisnis di tengah transisi fase endemik di Indonesia, Zoho menyuguhkan platform pemasaran terpadu Zoho Marketing Plus yang telah dipakai di 180 negara dan memberdayakan 250 ribu lebih bisnis. Zoho CRM dan Marketing Plus diakui sebagai standar emas dalam manajemen hubungan pelanggan.

Zoho juga mendorong penerapan aplikasi yang hemat biaya dan mudah dibuat melalui Zoho Creator, platform pengembangan aplikasi  berbasis teknologi low-code yang membantu bisnis membangun perangkat lunak untuk kebutuhan sehari-hari. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)