Q1 2022, Adira Finance Catatkan Pertumbuhan Pembiayaan Baru Sebesar 32,5%

MIX.co.id - Meski awal tahun 2022 ekonomi global dan domestik masih dibayangi kasus Covid-19, namun pemerintah Indonesia optimis bahwa prospek pertumbuhan ekonomi di tahun ini diperkirakan tumbuh sekitar 4,8%-5,5%. Inflasi domestik mulai beranjak meningkat berada di level 2,6% pada Maret 2022, dari 1,9% di Desember 2021.

Seiring mulai pulihnya ekonomi domestik, penjualan ritel mobil baru domestik berhasil tumbuh signifikan sebesar 33,6% year-on-year (YoY) menjadi 238 ribu unit. Penjualan motor domestik juga naik sebesar 17,1% YoY menjadi 1,3 juta unit hingga Maret 2022.

Bahkan, per 31 Maret 2022, insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) berdasarkan segmen harga jual antara Rp 200 juta sampai dengan Rp 250 juta telah berakhir. Namun, konsumen tetap dapat menikmati insentif PPnBM untuk segmen mobil LCGC dengan tarif potongan sebesar 2/3 dari tarif PPnBM.

Pertumbuhan juga dialami Adira Finance. Pada kuartal Pertama (Q1) 2022, Adira Finance mencatatkan kenaikan pembiayaan baru sebesar 32,5% YoY menjadi Rp 7,2 triliun. Dengan demikian, total piutang yang dikelola (termasuk porsi pembiayaan bersama) mencapai Rp 40,8 triliun hingga Maret 2022. Itu artinya, mengalami sedikit penurunan sebesar 2,8% YoY jika dibandingkan periode yang sama di tahun lalu. Penurunan pada piutang yang dikelola disebabkan rundown portfolio yang lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan pembiayaan baru.

Pandemi Covid-19 yang terjadi dalam kurun waktu dua tahun juga telah mengakselerasi adopsi teknologi digital di berbagai ekosistem bisnis. Oleh karena itu, Adira Finance terus melanjutkan pengembangan dan mempercepat digitalisasi di seluruh organisasi dan ekosistem. Di antaranya, dengan melakukan proses digital/otomatisasi dan berinvestasi dalam bisnis digital (Adiraku, momobil.id, momotor.id, moservice.id, dicicilaja.co.id, dan lain-lain) guna mendorong efisiensi bisnis dan mempermudah nasabah dalam melakukan pembiayaan bersama Adira Finance.

Diungkapkan I Dewa Made Susila, Direktur Utama Adira Finance, “Di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid yang diselenggarakan pada April 2022, Adira Finance hadir sebagai Official Multifinance Partner bersama dengan Danamon dan didukung oleh MUFG sebagai Official Bank Partner. Adira Finance menawarkan beragam program dan promo menarik, seperti bunga pembiayaan yang kompetitif, cashback, dan berbagai promo menarik lainnya bagi para pengunjung IIMS Hybrid 2022. Selain produk otomotif, kami juga menawarkan pembiayaan untuk produk non-otomotif seperti gadget, elektronik, furnitur, hingga pinjaman dana multiguna (MPL).”

Sementara itu, hingga Maret 2022, Adira Finance telah memberikan restrukturisasi kepada nasabah yang terdampak oleh krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19. Per posisi Desember 2021, jumlah kumulatif nasabah yang pinjamannya telah direstrukturisasi ada sebanyak Rp 19 triliun. Sementara itu, nilai outstanding akun restrukturisasi telah menurun menjadi Rp 4,31 triliun, di mana Rp 24 miliar masih dalam masa tenggang per posisi Maret 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)