Q3 2016, Pengguna Facebook dan Instagram Meningkat

Di era digital seperti sekarang, ketergantungan orang terhadap social media sepertinya makin meningkat. Hal itu ditandai dengan makin meningkatnya jumlah pengguna yang mengakses social media setiap harinya. Pada kuartal ketiga (Q3) 2016 ini misalnya, Facebook dan Instagram mencatat pertumbuhan yang cukup signifikan terhadap penggunanya. facebook-icon-logo-vector-400x400 Ya, pada Q3 2016, Pengguna Aktif Harian atau Daily Active Users (DAUs) mencapai 1,18 miliar orang. Itu artinya, naik 17% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya. Adapun Pengguna Aktif Harian di Mobile atau Mobile DAUs -- menurut data per 30 September 2016 --rata–rata mencapai 1,09 miliar. Alias, naik sebesar 22% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.   Sementara itu, Pengguna Aktif Bulanan atau Monthly Active Users (MAUs)  mencapai  1,79 miliar atau naik sebesar 16% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya. Pertumbuhan juga terjadi pada Pengguna Aktif Bulanan di Mobile atau Mobile MAUs. Menurut data per tanggal 30 September 2016,  ada 1,66 miliar pengguna yang mengakses Facebook di mobile, atau naik sebesar 20% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.   Serupa dengan facebook, Instagram juga menunjukkan kinerja yang positif. Kini, Instagram memiliki 500 juta pengguna aktif bulanan dan 300 juta pengguna yang mengakses Instagram setiap harinya.   Kinerja yang positif dari kedua social media tersebut tak lepas dari strategi Facebook yang  kini semakin memprioritaskan video melalui beberapa aplikasi Facebook dan Instagram. Objektifnya, tentu saja guna  memberikan kemudahan bagi orang-orang dalam mengekspresikan dirinya dengan cara yang lebih beragam.   Berdasarkan rilis resmi dari Facebook yang diterima MIX, sejak bulan Mei 2016,  jumlah pengguna yang menggunakan Live telah bertambah sebanyak empat kali lipat. Orang–orang sudah melakukan Live dari tujuh benua di dunia. instagram_app_large_may2016_200 Selain itu, Instagram Stories merupakan cara yang lebih mudah bagi pengguna untuk berbagi momen kehidupan mereka setiap hari melalui foto dan video yang muncul dalam format slideshow dan kemudian hilang setelah 24 jam.  Tak mengherankan, jika Stories kini telah memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif harian.   Masih menurut lapotan Facebook, kini terdapat 1,5 juta bisnis yang telah menggunakan Instagram Businesss Profiles. Bahkan, lebih dari 85% Facebook Pages sangat aktif di mobile. Oleh karena itu, Facebook senantiasa memberi kemudahan bagi pengiklan untuk membuat kampanye mereka melalui ponsel.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)