Raih Market Share 18%, Daihatsu Luncurkan Film Pendek

Laju pasar otomotif di Indonesia mulai menunjukkan catatan positif. Setelah awal Pandemi penjualan kendaraan roda empat mengalami penurunan yang sangat signifikan, memasuki Juni 2020, pertumbuhan penjualan mulai terlihat. Merujuk data Gaikindo, pada Oktober 2020, retail sales mampu tumbuh 6% menjadi sekitar 46 ribu unit.

Pada penjualan periode Januari-Oktober 2020, Daihatsu tetap mempertahankan posisi kedua di pasar otomotif nasional dengan capaian retail sales sebesar 81.623 unit. Dengan capaian itu, market share Daihatsu tumbuh menjadi 18% dibandingkan periode sama tahun 2019 lalu yang hanya 16,9%.

Dijelaskan Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), pada konferensi pers yang digelar secara virtual pada hari ini (19/11), kenaikan pada segmen komersil juga terjadi pada Daihatsu. Secara bulanan, retail sales Daihatsu pada Oktober 2020 tercatat sebanyak 8.135 unit, dengan Gran Max Pick Up kontributor di peringkat pertama yakni sebanyak 2.827 unit, atau berkontribusi sebesar 34,8%, disusul Sigra sebesar 1.782 unit (21,9%), dan Ayla 1.013 unit (12,5%).

“Kami bersyukur penjualan Daihatsu hingga Oktober tetap mencatatkan hasil positif. Kami berharap peningkatan penjualan di sektor otomotif dapat membantu pemulihan perekonomian Indonesia secara keseluruhan,” harapnya.

Demi mempertahankan kinerja yang positif serta untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, Daithatsu memutuskan untuk massif menggelar aktivasi pemasaran dan komunikasi. Antara lain, dengan meluncurkan film pendek “Petualangan Didi dan Hatsu”.

Petualangan Didi dan Hatsu merupakan film pendek dengan konsep anime series untuk anak. Tayangan dikemas edukatif dan positif untuk dapat menemani keseharian dan menjaga keceriaan anak-anak. Tayangan ini dapat dinikmati melalui platform Youtube Daihatsu Sahabatku.

Dijelaskan Hari Wicaksono, Promotion Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), anime series ini ditayangkan perdana pada September 2020 lalu dan memiliki total 6 episode. Anime series ini merupakan hasil kolaborasi antara Daihatsu dengan animator lokal, yakni RUS (Raden Umar Said) Animation Studio yang merupakan studio animasi karya anak negeri bertaraf internasional dan berkompeten dalam bidang animasi, serta telah meraih banyak penghargaan pada karya animasi yang telah dihasilkannya.

“Anak dan dunia digital saat ini menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan karena erat kaitannya dengan gadget. Untuk itu, kami selalu ingin menyajikan hiburan untuk anak dengan tontonan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga bisa memberikan nilai-nilai positif dan edukatif bagi anak-anak,” ungkap Hari.

Lebih jauh ia menerangkan, Petualangan Didi dan Hatsu ini menceritakan tentang persahabatan anak-anak yang selalu menghabiskan waktu bersama-sama dengan tokoh utama Didi, seorang anak laki-laki yang ceria dan berjiwa petualang, dan si Hatsu, anak perempuan manis asal Jepang yang bisa berbahasa Indonesia. Selain itu, karakter pendukung seperti teman Didi dan Hatsu, yakni Keano, Dayu, dan Indro juga turut memberi warna pada setiap episode yang ditayangkan.

“Untuk melengkapi serunya cerita Petualangan Didi & Hatsu, tersedia juga berbagai collectible merchandise yang bisa didapatkan dengan mengikuti kuis mingguan di akun Instagram resmi Daihatsu, yaitu @daihatsuind,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)