Raih Pendanaan Rp 1,3 Triliun, Kopi Kenangan Dapat Predikat “Unicorn”

MIX.co.id - Tutup tahun 2021, Kopi Kenangan berhasil meraih Pendanaan Seri C Tahap Pertama senilai $96 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun. Melalui pendanaan ini, valuasi retail F&B (food & Beverage) itu, kini tembus $1 miliar. Alhasil, Kopi Kenangan tercatat sebagai perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara.

Pendanaan Seri C dipimpin oleh Tybourne Capital Management, dan diikuti sejumlah investor dari seri sebelumnya, seperti Horizons Ventures, Kunlun dan B Capital, serta investor baru yaitu Falcon Edge Capital.

Pendanaan ini diperoleh setelah Kopi Kenangan mengukuhkan posisinya sebagai brand dengan permintaan domestik yang tinggi, termasuk dari beberapa portfolio barunya, seperti brand roti bernama Cerita Roti, ayam goreng Chigo, soft-cookies Kenangan Manis, sekaligus menghadirkan berbagai inovasi baru seperti menu topping Sultan Boba.

Kopi Kenangan juga berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang baik selama 12 bulan terakhir, dengan angka penjualan lebih dari dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Selama satu tahun terakhir, aplikasi Kopi Kenangan juga tercatat sebagai aplikasi kopi yang paling banyak diunduh dan berhasil meraih peringkat terbaik di Indonesia.

Rencananya, pendanaan baru ini akan digunakan untuk mempercepat ekspansi Cerita Roti, Chigo, serta Kenangan Manis ke seluruh Indonesia. Selain itu, Kopi Kenangan juga akan terus memperluas jaringannya hingga merambah pasar internasional.

Dalam siaran pers yang diterima MIX, Edward Tirtanata selaku CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan menegaskan, "Merupakan suatu kehormatan bagi kami dapat mengumumkan pendanaan yang menempatkan Kopi Kenangan sebagai perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara. Dukungan dari para investor kami, baik mereka yang telah mendukung kami sejak awal maupun para investor baru, merupakan bukti sekaligus memotivasi kami untuk terus fokus dalam meningkatkan produktivitas gerai dengan memanfaatkan teknologi demi mewujudkan pengalaman terbaik bagi setiap pelanggan. Visi Kopi Kenangan adalah menjadi merek yang paling dicintai para pelanggan di Asia Tenggara.”

Selain itu, terkait rencana lima tahun ke depan, lanjutnya, Kopi Kenangan berkomitmen untuk memperluas jangkauan secara cepat hingga mencapai ribuan gerai di Asia Tenggara, sekaligus melengkapi portfolio dengan produk-produk yang dapat memenuhi kebutuhan pasar.

Melalui model bisnis New Retail yang memadukan kanal daring dan luring, saati ini, Kopi Kenangan berhasil menarik hati banyak pelanggan. Hanya dalam waktu empat tahun, Kopi Kenangan telah bertumbuh menjadi Kenangan Brands dan mempekerjakan lebih dari 3.000 staf di lebih dari 600 gerai di 45 kota di Indonesia. Selama 12 bulan terakhir, Kopi Kenangan telah menyajikan 40 juta cangkir dengan target 5,5 juta cangkir per bulan pada Q1 2022.

Ditegaskan Bosun Hau, Managing Director, Tybourne Capital Management, "Hanya dalam waktu singkat, Edward dan James, didukung dengan tim manajemen yang berpengalaman, berhasil mengembangkan bisnis secara signifikan, sekaligus mengatasi berbagai tantangan dan krisis akibat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Kami sangat menantikan dapat melihat potensi Kopi Kenangan dan visinya untuk menjangkau pasar F&B yang berkembang pesat di Asia Tenggara.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)