Rumah Sakit Mitra Keluarga Adopsi Genesis

Komitmen Rumah Sakit Mitra Keluarga dalam memberikan layanan kesehatan terbaik kepada pasiennnya kembali diwujudkan melalui adopsi sistem Genesis. Di bawah payung PT Mitra Keluarga Karya Sehat Tbk., yang merupakan salah satu penyedia jasa kesehatan di Indonesia, sistem Genesis resmi diadopsi di salah satu rumah sakitnya di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan.

Sistem Genesis yang diimplementasikan sejak 1 Maret 2019 tersebut berbasis SAP Healthcare, di mana di dalamnya termasuk SAP ERP, SAP Patient Management, dan SAP Cerner Clinical system. Dijelaskan Rustiyan Oen, CEO PT Mitra Keluarga Karya Sehat Tbk., sistem Genesis akan memiliki interface real time yang terhubung ke sistem penyedia asuransi seperti BPJS, In-Health, dan beragam sistem kesehatan lainnya.

"Dengan implementasi sistem tersebut, kelak setiap rumah sakit Mitra Keluarga akan memiliki medical records (EMR) secara terpusat di sistem SAP. Dengan demikian, pasien dapat mengakses data kesehatannya dari rumah sakit dalam kelompok Mitra Keluarga secara langsung. Itu artinya, bila pasien pindah dari satu rumah sakit Mitra Keluarga ke rumah sakit lainnya dalam satu grup, ia tidak perlu lagi mengisi formulir tentang data kesehatannya," paparnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, keseluruhan sistem Genesis dirancang dan dikembangkan oleh T-Systems, sebuah perusahaan sistem integrator global yang telah berpengalaman mengimplementasikan aplikasi kesehatan di berbagai rumah sakit di dunia. Pengembangan yang dilakukan bertahap sejak 2016 itu dibantu oleh tim yang terdiri dari para dokter, perawat, dan petugas administrasi dari Rumah Sakit Mitra Keluarga.

"Ini merupakan momen yang membanggakan karena Genesis merupakan aplikasi healthcare berbasis SAP yang pertama diterapkan di Indonesia. Sistem ini akan sangat membantu rumah sakit dalam menjalankan berbagai proses di dalamnya," tambah Arkadiusz Czopor, Managing Director T-Systems.

Sebagai bagian dari SAP Healthcare, Genesis juga menerapkan sistem antrean atau Queue management system dan Customer Loyalty Management system. Lewat sistem Queue Management, pasien akan bisa membuat janji dengan dokter melalui Portal, Kiosk, bahkan ponsel, karena sistem ini juga terintegrasi dengan WhatsApp.

"Sistem SAP Healthcare yang memiliki aliran informasi secara real time dan dilengkapi solusi pembayaran online ini akan menjadi platform digital, sehingga rumah sakit bisa melayani pasien dengan lebih efisien," imbuh Arkadiusz Czopor.

Dengan sistem Genesis, aliran data real time ke berbagai bagian akan membuat semua proses menjadi lebih cepat. Resep yang baru diketik oleh dokter misalnya, akan langsung diterima bagian farmasi pada saat yang sama sehingga obat bagi pasien bisa segera disiapkan. Sementara bagian billing bisa langsung memproses administrasinya, atau asuransinya bila diperlukan. "Semua itu akan menghemat banyak waktu dan tenaga," tutup Sameer Salunkhe, Head of Delivery T-Systems.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)