Sinar Mas Land Dukung Remaja Masjid Jadi Programmer

Penandatanganan kerja sama nota kesepahaman kerja sama model pengembangan entrepreneurship, kreativitas, dan inovasi umat antara Sinar Mas Land dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Forum Masjid dan Mushola BSD (FMMB) dilakukan pada 14 April 2018 di kantor pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jalan Jenggala 1 No.3 Jakarta. Penandatanganan ini disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga menjabat sebagai Ketua Umum DMI.

Jusuf Kalla dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Sinar Mas Land sebagai pengembang yang ikut mendukung program DMI yaitu memakmurkan dan dimakmurkan masjid dengan memberikan beasiswa kepada remaja masjid.

Kerja sama ini merupakan salah satu program Corporate Social Resposibilty (CSR) dari Sinar Mas Land dengan tujuan mengembangan sinergi positif antara Sinar Mas Land dengan remaja masjid FMMB di sekitar wilayah Tangerang Raya. Nantinya Sinar Mas Land akan membiayai pelatihan programmer atau coding bagi remaja masjid yang sudah lolos dari test awal yang diadakan oleh FMMB. Para remaja masjid yang sudah lolos seleksi akan mendapatkan beasiswa dan belajar coding di GeeksFarm, sebuah start up di bidang teknologi digital di BSD City.

Program beasiswa coding ini sudah berlangsung beberapa kali dan kini akan memasuki gelombang ke-3 yang sedang dalam tahap seleksi. Untuk gelombang pertama telah meluluskan 10 orang remaja masjid dan gelombang kedua telah meluluskan 9 orang. Selain GeeksFarm, perusahaan digital lainnya yang juga berkantor di BSD City yaitu Purwadhika Start Up dan Coding School siap ikut terlibat dalam program positif ini.

Managing Director President Office Sinar Mas Land Dhony Rahajoe mengatakan bahwa program ini sesuai dengan visi dari DMI yaitu bertujuan untuk memakmurkan dan dimakmurkan masjid, selain itu juga para anggota FMMB juga berkesempatan mempelajari ilmu dibidang teknologi digital dengan hal positif yang saat ini sedang berkembang sangat pesat’.

Dalam kerjasama ini juga melibatkan DMI yang diharapkan dapat memberikan masukan-masukan dan usulan terkait dengan program yang sudah dijalankan. Jusuf Kalla juga mengusulkan agar DMI juga mengadakan kegiatan dengan memanfaatkan teknologi agar dapat dimanfaatkan masjid dan program kompetisi arsitektur masjid khas Indonesia.

Imam Addaruqutni selaku Sekretaris Jenderal DMI menyambut baik program ini dan kerjasama ini. “Kerjasama ini sangat positif, apalagi disaksikan oleh Pak JK selaku ketua umum DMI. Mudah-mudahan program ini dapat segera direalisasikan. Pemberdayaan masyarakat melalui masjid akan sangat terasa menyejukkan bagi masyarakat,” tutur Imam Addaruqurni.

Sedangkan Agus Wahyudi selaku Dewan Presidium FMMB yang beranggotakan 70 masjid dan mushola di kawasan Tangerang menyambut gembira kesepakatan DMI, BSD dan FMMB dalam membangun Kerjasama Model Pengembangan Entreprenuership, Kreativitas dan Inovasi Umat dalam Rangka memakmurkan dan dimakmurkan masjid.

“Kerja sama ini sesuai dengan fungsi dan peran yang diemban FMMB sebagai lembaga kerjasama dan silaturahim antar masjid di BSD dan Sekitarnya yaitu dalam Sinergi Pengelolaan Masjid untuk mengatasi permasalahan Umat melalui Pemberdayaan Umat Berbasis Masjid yang menjadikan masjid sebagai basis kegiatan umat untuk Pengembangan Kegiatan Keagamaan, Pendidikan, Kesehatan Masyarakat, Kepemudaan dan Pemberdayaan Ekonomi berbasis Masjid dan Sosial Kebudayaan,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)