Sinergi BCA dan Blibli Dorong Mahasiswa untuk Tingkatkan Keterampilan Digital

Guna membangkitkan motivasi generasi muda untuk meningkatkan keterampilan digital, BCA bersinergi dengan Blibli  menggelar Webinar Vocatalk ‘’E-compreneur’’ bersama Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada (SV UGM).

Dalam Webinar berjudul "E-Compreneur : Peluang Generasi Muda Membangun Usaha Berbasis Digital” yang diadakan pertengahan Oktober tersebut,  disampaikan berbagai materi yang mengupas metode wirausaha menggunakan platform digital, dalam hal ini adalah e-commerce. Sebagai pembicara dihadirkan dua orang wirausaha sukses yaitu Joshua Wijaya selaku owner Maximall Footwear dan Bintari Saptanti selaku owner Bakmi Sundoro.

Selain sharing season terkait kisah sukses pengusaha e-commerce, dalam talkshow tersebut juga dipaparkan materi mengenai metode pembayaran digital. Topik ini penting untuk dipelajari para pelaku bisnis digital karena sekarang semakin banyak pembeli yang memanfaatkan platform digital untuk berbelanja. Hal itu  menunjukkan  bahwa platform e-commerce sangat potensial untuk meningkatkan potensi omset penjualan.

Webinar vocatalk tersebut dihadiri oleh Gunawan Prayogo selaku Kepala Kanwil 2 BCA dan Andreas Ardian Pramaditya selaku Vice President Galeri Indonesia Blibli. Sementara dari SV UGM, hadir Dr-Ing. Ir. Agus Maryono selaku Dekan SV UGM, dan Radhian Krisnaputra, S.T, M.Eng, M.Sc selaku Plt. Wakil Dekan SV UGM Bidang Kerjasama, Alumni dan Perencanaan Strategis. Juga Saiqa Ilham Akbar BS, S.E., M.Sc. selaku Manager Unit Kerjasama, Pelatihan dan Pengembangan Karir SV UGM serta segenap Dosen Ekonomika dan Bisnis SV UGM.

Sebagai bank swasta nasional BCA ingin merangkul berbagai pihak untuk bangkit bersama, bertahan hidup di tengah pandemi.  Seperti diungkapkan oleh Gunawan, BCA memahami adanya pandemi telah menghambat penyaluran tenaga kerja maupun wirausaha. Oleh karena itu, BCA berinisiatif untuk memberikan materi yang bermanfaat agar para peserta dapat mengembangkan potensi dalam dunia wirausaha, khususnya melalui platform digital.

BCA mencermati, di tengah percepatan tren digitalisasi di masa pandemic Covid-19 ini, semakin banyak teknologi dan inovasi baru yang hadir. Oleh karena itu, agar bisa survive, semua generasi mau tak mau harus mampu hidup berdampingan dengan dunia digital. Melalui kegiatan tersebut, BCA berharap bisa memberikan insight bagi para mahasiswa untuk menciptakan bisnis berbasis digital dan e-commerce yang sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini.

”Sinergi BCA dan Blibli dalam program ini adalah suatu sarana yang baik bagi rekan-rekan mahasiswa untuk tumbuh dan berkembang di tengah era digitalisasi. BCA sebagai lembaga perbankan juga memfasilitasi era digitalisasi ini dengan berbagai inovasi pembayaran digital yang komprehensif,” ujar Gunawan.

Pihak SV UGM menyambut baik upaya yang telah dilakukan BCA bersama Blibli dalam menyelenggarakan edukasi bagi para mahasiswa mereka. ”Di tengah situasi yang belum pasti ini, kami yakin mahasiswa masih memiliki optimisme untuk mencapai cita-cita serta semangat berjuang untuk menemukan pekerjaan impian. Wirausaha juga menjadi lapangan kerja yang inovatif serta kreatif yang dapat menjadi jawaban untuk berbagai pihak,” ujar Agus Maryono.

Sebagai penutup, Gunawan menyampaikan harapan agar program tersebut bisa memotivasi para mahasiswa agar tetap berkarir dan berkarya di tengah situasi yang belum pasti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)