Sinergi KemenKopUKM dan Blibli di KUMKM Hub

UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) merupakan salah satu segmen yang ikut terdampak Covid-19. Merujuk pendataan dampak Covid-19 terhadap Koperasi dan UMKM (KUMKM), sebanyak 163.713 UMKM dan 1 785 Koperasi dilaporkan terdampak.

Turunnya permintaan secara signifikan menjadi permasalahan utama dari aduan yang diterima oleh Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM). Arahan pemerintah untuk bekerja di rumah, belajar di rumah, dan beribadah di rumah secara langsung mengurangi kesempatan KUMKM untuk menjalankan aktivitasnya.

Diungkapkan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, berangkat dari kondisi itu, pemerintah menginisiasi program untuk membantu KUMKM menggerakkan roda perekonomian dengan pemanfaatan digitalisasi.

"Pandemi ini mengubah pola konsumsi masyarakat dari offline ke online. Pemenuhan kebutuhan yang awalnya dilakukan dengan cara konvensional bergeser ke digital. Adaptasi wajib dilakukan KUKM dan pemerintah berperan sebagai akselerator,” ucapnya pada Mei ini (20/5), melalui press conference virtual.

Lebih jauh ia menjelaskan, pandemi Covid-19 telah mengubah perilaku ekonomi yang tadinya offline ke online. Ada empat manfaatnya, yaitu keuntungan finansial melalui peningkatan penjualan, peningkatan lapangan kerja khususnya sektor UMKM, keuntungan bagi pembeli karena bisa menghemat hingga 11-25 persen dari ritel, serta kesetaraan sosial di mana perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh pendapatan melalui e-commerce.

Blibli turut mendukung program pemerintah tersebut dengan menghadirkan program pemasaran produk KUMKM dalam bentuk satu laman khusus yang dapat diakses melalui aplikasi Blibli dari gadget, yakni KUMKM Hub.

CEO Blibli Kusumo Martanto menegaskan, pihaknya senang mendapat kepercayaan dari Pemerintah Indonesia, yaitu Kementerian Koperasi & UKM untuk meluncurkan KUMKM Hub di Blibli. Menurutnya, UMKM memainkan peranan penting bagi perekonomian Indonesia.

“Blibli percaya bahwa percepatan transformasi digital dapat membantu para pelaku UMKM di Indonesia untuk mempertahankan usaha mereka dan bangkit di situasi yang cukup menantang saat ini. Tentunya hal Ini adalah bentuk komitmen Blibli untuk terus berkolaborasi demi mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ucap Kusumo.

“Saya senang sekali bisa bekerja sama dengan Blibli, dengan adanya pemasaran khusus KUMKM Hub, yang akan semakin mengoptimalkan penjualan UMKM melalui online. Kami merasa penting untuk mendorong UMKM kita masuk ke ekosistem digital, yang saat ini baru mencakup 13 persen atau sekitar 8 juta. Saya memberikan apresiasi agar berkembang menjadi marketplace UMKM,” pungkas Teten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)