Jelang Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 11 Agustus 2019, Badan Zakat Amil Nasional (BAZNAS) bersinergi dengan platform marketplace Business to Business (B2B) Ralali.com, menggelar program "Kurban Berdayakan Desa Melalui Ralali.com untuk Pengembangan UMKM". Kolaborasi tersebut untuk mencapai target penyaluran daging kurban ke berbagai wilayah pelosok yang jarang terjamah.
Sinergi tersebut bertujuan memberi kemudahan kepada pelaku usaha dalam melakukan ibadah kurban secara digital, dimana pasca pelaksanaan kurban selesai dilakukan, para Mudhahhy (orang yang berkurban) akan langsung menerima laporan dari BAZNAS. Harga kurban yang dijual dipastikan sesuai dengan standard yang berlaku, yaitu mulai dari Rp 2,5 juta hingga Rp 17 juta berdasarkan kategori jenis hewan kurban.
“Program ini sejalan dengan visi perusahaan kami untuk mendorong ekonomi dan edukasi digital sampai pedesaan, dengan pengambilan hewan kurban yang langsung dari UMKM peternak di pedesaan,” tutur Chief Operating Officer Ralali.com Alexander Lukman.
Ditambahkan Ketua Panitia Kurban Nasional BAZNAS 2019 Mohammad Indra Hadi, BAZNAS terus berinovasi dalam melayani masyarakat, termasuk dalam menjalankan ibadah kurban. “Kerja sama dengan Ralali.com ini akan memudahkan masyarakat untuk menunaikan kurban sekaligus memberdayakan masyarakat desa. Kami berterima kasih kepada Ralali.com yang telah membantu masyarakat Indonesia untuk tetap dapat berkurban di tengah kesibukan aktivitasnya. BAZNAS berharap kerja sama ini dapat terus terjalin, sehingga memiliki manfaat yang semakin luas,” paparnya.
Hewan kurban yang dijual BAZNAS melalui platform Ralali.com diambil langsung dari peternak hewan kurban yang berlokasi di desa-desa kecil di Indonesia. Pengambilan hewan kurban di desa, bukan di kota, adalah wujud kepedulian lain demi membantu tingkat pertumbuhan ekonomi yang merata ke berbagai daerah.
Agar penyaluran daging kurban bisa tersampaikan secara merata dan tepat sasaran, pihak BAZNAS juga akan melakukan koordinasi dengan anggota-anggotanya di berbagai daerah, untuk kemudian dikelola dengan baik sesuai dengan permintaan para UMKM yang berkurban. Selain penyediaan Kurban Digital, kerja sama antara Ralali.com dan BAZNAS juga meliputi penyediaan layanan infak yang bisa diakses oleh para pelaku UMKM atau Sahabat Ralali.com secara daring.
Diimbuhkan Vice President of Partnership & Monetizing Ralali.com Alvin Aulia Akbar, “Ralali.com berharap Kurban Digital ini mampu membantu para pelaku UMKM dalam menjalankan ibadah kurban dengan mudah, aman, dan nyaman, lantaran adanya transparansi berupa laporan langsung dari Baznas sebagai penyelenggara. Selain berkurban, pelaku UMKM juga dapat sekaligus berinfak. Dana infak yang terkumpul nantinya akan disalurkan langsung kepada pengungsi Palestina melalui BAZNAS.”