Smartphone Dual-Core Dibawah Rp 2 Juta Resmi Hadir di Indonesia

Melanjutkan kerja sama strategis antara perusahaan produsen perangkat solusi komunikasi nirkabel dan multimedia digital MediaTek, operator Telkomsel, dengan produsen perangkat selular IMO, secara resmi meluncurkan smartphone yang didukung chipset MT6577 dan dilengkapi dengan platform dual-core. Ponsel pintar asal Taiwan ini sudah mulai dipasarkan di Indonesia dan dibanderol dengan harga di bawah Rp 2 juta.

Telkomsel menyediakan bundling sebanyak 1000 handset untuk tablet Orion dan 5000 unit smartphone S88 Discovery dari IMO, dimana keduanya telah didukung oleh platform MT 6577 yang menggabungkan aplikasi prosesor dual-core dari MediaTek.

Menurut General Manager of Bussiness Development MediaTek Finbarr Moynihan, ponsel pintar yang telah didukung chipset MT6577 ini fokus menyasar segmen pasar pemula dan menengah, dimana kedua segmen tersebut dinilai memiliki potensi pertumbuhan yang signifikan beberapa tahun ini.

"Melihat pertumbuhan pasar smartphone di Indonesia yang terus meningkat, kami optimis melanjutkan kerja sama dengan IMO dan Telkomsel. Tahun 2013, smartphone diperkirakan akan mendorong mayoritas penjualan ponsel secara global. Pertumbuhan pasarnya ditargetkan meningkat 54% dari total pasar mobile phone di tahun 2013, atau naik 46% dari tahun ini," ungkapnya saat konferensi pers, Selasa (9/10), di Jakarta.

Sementara itu, Presiden Direktur IMO Sarwo Wiguno Wargano, mengatakan, strategi IMO masuk ke pasar smartphone dinilai sebagai uji coba, karena semakin tingginya pengguna ponsel di segmen ini. "Chipset MT 6577 dari MediaTek akan memunculkan suatu perubahan dalam performa device, baik secara konten, aplikasi, maupun multimedianya. Kerja sama ini juga akan fokus di operating system (OS) Android dan operator Telkomsel," paparnya.

Sebagai partner operator resmi, Telkosmel menegaskan tidak memiliki target penjualan karena hal ini tergantung sepenuhnya dari permintaan konsumen. "Namun kami menyediakan bundling sebanyak 1000 handset untuk tablet Orion dan 5000 unit smartphone S88 Discovery, dimana keduanya telah didukung oleh platform MT 6577 yang menggabungkan aplikasi prosesor dual-core yang umumnya sudah banyak digunakan pada smartphone premium saat ini," jelas Head of Core Product Marketing Division Telkomsel Adhi Putranto.

Platform MT6577 yang didukung dengan sistem operasi terbaru Android 4.1 Jelly Bean. Chipset ini memungkinkan konsumen menikmati berbagai games, antara lain dari penyedia konten digital game Gameloft. Selain itu, smartphone yang dilengkapi chipset ini juga dapat menikmati konten multimedia, antara lain kamera 8 mega pixel, video playback sampai 1080p Full HD, dan display beresolusi tinggi hingga 720 p (1280x720).

Terkait pasar ponsel, perusahaan peneliti pasar GFA Asia, belum lama ini melaporkan bahwa penjualan ponsel di Asia Tenggara tumbuh luar biasa selama satu tahun tahun terakhir ini, dengan total penjualan sebanyak 118 juta unit ponsel. Dalam hal ini, pertumbuhan penjualan ponsel didominasi oleh Indonesia, yaitu sebesar 56% atau sekitar 66 juta unit dari total penjualan ponsel di Asia Tenggara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)